Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Mei 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Alasan Wanita Terampil dalam Memimpin di Masa Krisis

Topcareer.id – Memang benar bahwa wanita menanggung beban konsekuensi yang ditimbulkan oleh pandemi. Ini sebagian karena ekspektasi masyarakat yang menempatkan pengasuhan hanya di wilayah wanita. Namun, ada juga beberapa berita positif yang menyoroti perempuan pekerja.

Dalam studi pra-pandemi, tim di Harvard Business Review menilai 60.000 pemimpin perusahaan pada 19 keterampilan di tempat kerja.

Menariknya, mereka menemukan bahwa pemimpin perempuan secara konsisten mendapat nilai lebih tinggi daripada rekan pria mereka dalam 13 kualitas ini.

Mengutip Fast Company, yang lebih mengejutkan, ketika penelitian dilakukan lagi setelah pandemi terjadi, kesenjangan yang dipimpin oleh perempuan menjadi semakin lebar.

Ini menambah teori bahwa pemimpin perempuan mungkin memiliki kekuatan unik yang penting selama krisis.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kepemimpinan perempuan dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan di masa depan.

Wanita Komunikator yang Menginspirasi

Salah satu dari banyak kualitas di mana wanita mendapat nilai lebih tinggi daripada pria, menurut studi HBR, digambarkan sebagai “menginspirasi orang lain” dan “membangun hubungan” di tempat kerja.

Padahal, kekuatan wanita seperti ini bukanlah hal baru. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa wanita adalah komunikator yang lebih baik daripada pria.

Wanita dapat meningkatkan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain, memotivasi dan memperkuat tim, dan mungkin yang paling penting, menjadi pemimpin yang lebih baik.

Baca juga: 4 Ekspresi Wajah Saat Meeting Zoom Yang Bisa Merusak Karier

Hal ini penting tidak hanya saat berurusan dengan kolega, karyawan, dan investor, tetapi juga dalam menanggapi kebutuhan pelanggan dan melindungi reputasi brand.

Sayangnya, kekuatan kepemimpinan yang jelas dari komunikasi yang ditingkatkan tidak selalu dihargai di masyarakat kita.

Wanita Mudah Beradaptasi

Mengapa wanita menjadi komunikator yang lebih baik daripada pria? Mungkin saja itu adalah kualitas bawaan.

Menurut Louann Brizendine dalam bukunya The Female Brain, wanita punya 10% lebih banyak sel otak di area yang dikenal sebagai planum temporale, yang bertanggung jawab untuk memahami dan memproses bahasa.

Bagaimanapun, pekerja di berbagai industri menilai pemimpin perempuan mereka mampu belajar dan beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan daripada rekan laki-laki.

Dan unggul di salah satu bidang ini adalah kunci untuk pemimpin yang efektif.

Kecepatan mengambil tugas baru

Selain itu, sudah lama terdokumentasi bahwa wanita lebih baik dalam multitasking daripada pria.

Jurnal medis BMC Psychology menemukan bahwa rata-rata wanita dapat beralih di antara tugas yang berbeda dengan kecepatan 8% lebih tinggi daripada rekan pria mereka.

Rekan penulis studi ini, Dr. Gijsbert Stoet, mencatat kemampuan untuk menyeimbangkan berbagai tugas dan alat sangat relevan di tempat kerja digital modern saat ini.

Mampu menangani berbagai tanggung jawab secara efektif adalah salah satu keterampilan paling penting untuk memulai dan menjalankan bisnis kecil saat ini, yang biasanya melibatkan riset pasar, pengembangan web, pembuatan dan pengiriman produk, pemasaran, dan analisis umpan balik.**(Feb)

Tinggalkan Balasan