Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Pelajaran Kewirausahaan dari Bruce Lee

Bruce LeeBruce Lee

Topcareer.id – Bruce Lee, seorang aktor terkenal, sutradara, seniman bela diri, guru dan filsuf, adalah orang yang benar-benar menarik dengan pendekatan hidup dan keunggulan yang menarik.

Ketika berbicara tentang pendekatan dari Bruce Lee, maka akan merujuk pada Jeet Kune Do, sebuah seni bela diri dan filosofi yang dikembangkan oleh dia.

The Bruce Lee Foundation menggambarkan prinsip utama Jet Kune Do yakni “Tidak menggunakan cara sebagai cara; tidak memiliki batasan sebagai batasan.”

Filosofi Bruce Lee ketika mengembangkan Jet Kune Do cukup sederhana yaitu “Serap apa yang berguna, buang apa yang tidak berguna, dan tambahkan apa yang unik dari dirimu sendiri.”

Apa yang telah dilakukan olehnya ini ada filosofinya dan bisa dijadikan sebagai bagian dari strategi bisnis yang sukses.

Baca juga: Belajar Entrepreneurship Dari Serial Money Heist

Berikut ini 3 pelajaran entrepreneurship yang penting dari Bruce Lee dan bisa kamu gunakan:

Keteladanan Entrepreneurship Bruce Lee

1) Kamu tidak perlu menciptakan produk yang benar-benar baru untuk sukses dalam bisnis
Ambil contoh pengusaha Steve Jobs. Dia tidak menemukan perangkat digital yang memutar lagu, ponsel, atau bahkan komputer pertama. Dia memilih bagian terbaik dari hal-hal yang ada, menyingkirkan hal-hal buruk, dan menambahkan sentuhannya sendiri. Itulah yang membuat produk Apple sangat bagus di bawah kepemimpinannya.

2) Fokus pada membangun kekuatanmu, bukan mengisi kelemahanmu
Bruce Lee terus-menerus memanfaatkan kekuatannya alih-alih berfokus pada kelemahannya. Bersandarlah pada keahlian kamu dan bangunlah perusahaanmu mulai dari dasar, karena itu adalah taktik cerdas untuk pengusaha mana pun. Jika kamu tidak pandai dalam aspek tertentu dari bisnismu, pekerjakan seseorang untuk menanganinya secepat mungkin! Jangan buang waktu berharga kamu untuk mencoba memperbaikinya sendiri. Bruce Lee bekerja untuk menjadi master mutlak dari seninya, dan dalam bisnis kamu juga harus fokus untuk mengubah ide menjadi proyek, proyek menjadi produk dan produk menjadi bisnis.

3) Tidak ada batasan untuk apa yang dapat kamu raih
Bruce Lee pernah mengatakan: “Jika Anda selalu membatasi semua yang Anda lakukan, fisik atau apa pun, itu akan menyebar ke dalam pekerjaan Anda dan ke dalam hidup Anda. Tidak ada batasan. Yang ada hanyalah dataran tinggi, dan Anda tidak boleh tinggal di sana, Anda harus melampauinya.”

Contoh manusia modern yang menjalani filosofi ini adalah Elon Musk. Musk memiliki kemampuan untuk tidak membiarkan siapa pun menempatkan keyakinan yang membatasi dirinya. Dia menolak batasan apa pun dan hanya bertanya pada dirinya sendiri seperti: Mengapa perusahaan komersial tidak dapat membuat roket untuk pergi ke bulan? Mengapa kendaraan listrik tidak bisa menempuh jarak jauh dan senyaman mobil bertenaga bensin?

Salah satu rintangan terbesar yang harus diatasi entrepreneur dalam berbisnis adalah menyadari bahwa mereka dapat membangun perusahaan yang sukses, menjualnya, dan memiliki kehidupan yang mereka impikan. Kamu juga harus yakin bahwa kamu dapat melakukan sesuatu yang kamu tidak yakin dapat melakukannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan