Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hi Calon Musisi! ini Alasan kamu Wajib Pakai Earphone di Atas Panggung

ilustrasi musisi. Dok/DIYMusicianilustrasi musisi. Dok/DIYMusician

Topcareer.id – Banyak orang sering bertanya-tanya mengapa musisi ketika konser seringkali menggunakan earphone/ earpiece atau monitor in-ear di telinganya.

Monitor in-ear yang digunakan musisi di atas panggung bertujuan untuk mendengarkan musik yang mereka bawakan.

Musik mungkin terdengar cukup keras bagi penonton, tetapi bagi musisinya belum tentu suara keras musik yang tercampur suara-suara keras lain bisa didengar dengan baik, ini bisa menyebabkan vokalis dan band memainkan musik tidak sejajar dengan tempo irama lagu dan mereka bisa membuat pendengarnya bingung.

Nah, untuk mengantiaipasi hal tersebut, salah satu solusinya adalah menggunakan monitor in-ear yang kini sudah populer dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan monitor lantai.

Mengapa penting untuk memakai monitor in-ear (earpiece) selama konser musik?

Monitor in-ear ini terdiri dari tiga komponen, yakni: penerima, pemancar, dan sepasang earbud. Alat ini memiliki fitur peredam bising yang mengurangi kebisingan latar belakang. Karena itu musisi bisa mendengar lagunya dengan jelas saat tampil.

Berbeda dengan monitor panggung, yang dapat menyebabkan masalah pada audio dan berdampak negatif pada penonton sehingga musisi tidak dapat menikmati penampilannya. Selain itu, monitor panggung cenderung membuat panggung lebih berantakan dan menyulitkan musisi untuk bergerak bebas.

Baca juga : Apa Saja yang Dilakukan Para Pelaku Industri Musik selama Pandemi Covid-19?

Alat ini dirancang untuk mengatasi masalah tersebut dan memastikan kebebasan bergerak para musisi. Monitor in ear juga mengurangi efek feedback seperti mikrofon yang terlalu dekat monitor panggung dan menyebabkan feedback audio seperti suara memekik.

Jenis monitor in-ear apa yang baik?
Ada dua jenis monitor in-ear: varian nirkabel dan kabel. Bagi vokalis bisa menggunakan monitor in-ear nirkabel karena memungkinkan untuk bergerak bebas di atas panggung. Namun, bagi musisi lain seperti keyboardist dan drumer, monitor in-ear dengan kabel biasa bisa jadi pilihan terbaik.

Untuk modelnya, ada dua opsi, yakni: custom moulded dan generic fit. Ini bergantung sepenuhnya pada anggaran. Jika anggaran terbatas, generic fit menjadi satu-satunya pilihan.
Namun, jika memiliki cukup uang, pilihlah monitor in-ear custom moulded yang dicetak khusus sesuai telinga pemiliknya. Kunjungi audiolog dan periksa saluran telinga sebelum membelinya.

Masalah terkait penggunaan monitor in-ear
Monitor in-ear adalah perangkat yang luar biasa, tetapi sama seperti alat lainnya, mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan mereka sendiri.

Perhatikan tantangan berikut:

Kurang optimalnya hubungan dengan penonton
Salah satu tantangan yang akan dihadapi musisi saat menggunakan monitor in-ear adalah sulit terkoneksi dengan audiens dan penggemar. Dengan kemampuan peredam bising yang luar biasa, monitor in-ear dapat menghilangkan kebisingan yang tidak perlu.

Sebagai seorang musisi, perangkat ini bisa memutuskan koneksi dari penonton. Untuk mengatasi masalah sederhana ini, biasanya vokalis akan sesekali melepaskan monitor in-ear nya atau mengarahkan mikrofon menghadap ke audiens agar tetap bisa menerima tanggapan penonton.

Monitor in-ear rentan hilang
Kemungkinan monitor in-ear bisa terlepas dari telinga saat tampil, terutama jika menggunakan monitor in-ear generic fit yang mungkin tidak pas di telinga.

Cara terbaik mengatasinya adalah dengan membeli monitor in-ear custom moulded yang dibentuk khusus, meskipun ini tidak murah. Itulah sebabnya banyak musisi yang belum terlalu terkenal dan memiliki bayaran selangit tidak memiliki monitor in-ear.

Gangguan suara
Monitor in-ear nirkabel dapat dengan mudah dipengaruhi oleh berbagai elemen seperti gelombang radio yang memancarkan suara. Berkat kemajuan teknologi, gangguan suara saat ini tidak menjadi perhatian utama.

Sistem modern menggunakan sinyal yang mengunci penerima dan pemancar dalam satu frekuensi untuk memastikan kualitas musik dalam telinga musisi melalui monitor in-ear tetap konsisten selama pertunjukan.

Ini adalah masalah umum pada monitor in-ear, dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan