Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hal-hal Ini Dilarang Lho untuk Dilakukan Karyawan Starbucks

Sumber foto: Travel Kompas

Topcareer.id – Suka atau tidak suka, salah satu retail F&B raksasa dunia Starbucks telah memantapkan dirinya sebagai andalan dalam budaya kopi Amerika Serikat.

Starbucks merupakan tempat pertemuan yang wajib kamu kunjungi baik untuk sekedar hang out, maupun sebagai tempat yang nyaman bagi kamu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sambil menyeruput minuman kopi favorit kamu.

Di kafe Starbucks kamu akan dilayani dengan baik oleh para pelayan dan baristanya, kafe ini juga terkenal dengan makanan dan kuenya yang enak-enak.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi karyawan yang berdiri di belakang konter Starbucks?

Ternyata ada banyak aturan yang berlaku lho untuk mereka. Berikut ini beberapa hal yang dilarang dilakukan oleh karyawan Starbucks, seperti dirangkum dari laman Totally the Bomb.

Pindah dari booth mereka
Pernahkah kamu masuk ke Starbucks untuk memesan dan memperhatikan bagaimana penampilan dan posisi karyawan yang hampir seperti robot berada pada booth nya masing-masing ?

Mereka semua tampaknya melakukan tugas yang sama berulang kali pada posisinya. Barista Starbucks sudah diberi posisi dan mereka harus tetap di tempat itu selama shiftnya. Jika mereka memang ingin bergerak pindah, maka kepindahannya harus disetujui oleh supervisor terlebih dahulu, dan permintaan tersebut bisa saja ditolak.

Mengatakan “Tidak” kepada Pelanggan
Yuk, kita jangan memanfaatkan peraturan yang satu ini. Karyawan Starbucks tidak diperbolehkan untuk mengatakan “tidak” kepada pelanggan KECUALI permintaan tersebut bisa menyebabkan kerugian atau sesuatu yang dapat menyebabkan alergi makanan.

Ya, bahkan permintaan tambahan es batu, caramel, atau whip cream setelah kamu membayar, seharusnya mereka penuhi.

Baca juga: Starbucks Berencana Tambah 22 Ribu Kafe dalam 10 Tahun Kedepan

Terlihat lesu dan sedih
Pernahkah kamu memperhatikan betapa bahagianya semua karyawan yang bekerja di Starbucks? Itu bukan karena mereka digaji. Jika kamu mendapati para karyawan Starbucks terlihat selalu bahagia dan tersenyum, karena itu bagian dari keharusan mereka.

Yup, karyawan tidak boleh cemberut selama jam kerja mereka, meski sedang mengalami hari yang amat buruk.

Memakai cat kuku
Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa ketika kamu disambut dengan senyum yang ceria oleh barista sambil menyerahkan minuman favorit kamu, ternyata barista yang menemuimu tidak memiliki kuku yang cantik.

Ya, karyawan Starbucks memang dilarang memakai cat kuku. Ini lebih merupakan masalah kebersihan. Karena cat kuku dapat terkelupas dan dikhawatirkan terjatuh ke dalam minuman pelanggan.

Mengatur termostat suhu ruangan
Jika kamu pernah duduk di dalam kafe Starbucks dan merasa kedinginan sehingga kamu bertanya apakah mereka bisa mematikan AC? Tentu saja mereka tidak dapat melakukan apa pun.

Pemanasan dan pendinginan suhu ruangan di dalam kafe Starbucks sudah diatur oleh manajemen, dan barista tidak memiliki kewenangan untuk mengubahnya. Bahkan akan ada sanksi bagi yang melanggar.

Memperlihatkan tato tertentu
Starbucks dulu memiliki aturan tato tidak boleh ditampilkan, mereka telah melonggarkannya dan sekarang mengizinkan tato untuk ditampilkan selama tato bukan merupakan gambar yang tidak senonoh atau tidak pantas. Tato pada wajah dan leher masih dilarang.

Memakai parfum atau cologne
Kamu semua tahu kafe Starbucks memiliki bau yang khas dan berbeda, karena Starbucks hanya diisi dengan kopi dan makanan. Aroma khas ini sangat dipertahankan oleh perusahaan, sehingga semua karyawan kafe Starbucks tidak diperbolehkan memakai parfum atau cologne, karena diyakini oleh perusahaan aroma parfum mereka akan mengacaukan aroma khas kafe.

Nah, itulah beberapa larangan yang diberlakukan oleh Starbucks pada karyawannya. Dan pada dasarnya, mereka memiliki buku pedoman hingga ratusan halaman tentang aturan yang harus mereka ikuti semua.

Wah, keren ya mereka.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply