Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Roda Sepeda Ini Menyaring Polusi Udara Saat Dikendarai

Topcareer.id – Pernahkah terpikir oleh kamu untuk membantu membersihkan polusi udara dengan mengendarai sepeda?

Berkat roda sepeda Rolloe (Roll-off Emissions) ciptaan Kristen Tapping, hal itu menjadi mungkin.

Roda sepeda Rolloe akan menyaring polusi udara di luar ruangan saat dikendarai. Desain tersebut memenangkan kompetisi Design Innovation in Plastics 2020.

Kristen, mahasiswa desain produk dari London South Bank University, mendapatkan ide tersebut saat meluncur dengan sepedanya di jalanan kota London.

Mengetahui bahwa gerakan roda sepeda menciptakan energi kinetik, dia mulai membuat prototipe dari potongan karton.

Dia menggunakan kipas angin sederhana dan asap dupa untuk menjajal variasi yang tak terhitung jumlahnya hingga menciptakan yang terbaik.

Kristen bereksperimen dengan beberapa metode berbeda untuk menghasilkan vakum dan pembuangan untuk menarik udara kotor ke dalam roda dan melepaskan udara bersih yang telah tersaring keluar dari sisi lain menuju wajah pengendara.

Saat roda bergerak, sirip menyedot udara melalui empat lapisan filter, membersihkan udara luar saat pengendara bersepeda melalui kota yang tercemar.

Rolloe awalnya menargetkan pengendara sepeda dan skema persewaan sepeda, termasuk aplikasi berbagi sepeda komunitas, tetapi akan berkembang ke pasar konsumen.

Sebagai insentif tambahan untuk meningkatkan kualitas udara luar, Rolloe akan memberi penghargaan kepada pengendara sepeda secara finansial agar rutin bersepeda.

Rolloe akan terhubung ke aplikasi yang memungkinkan pengendara untuk menetapkan tujuan dan berbagi data jarak.

Pesepeda kemudian akan mendapat hadiah kredit untuk bisnis lokal, berdasarkan jumlah jarak yang mereka akan tukar dengan uang.

Kristen mengklaim bahwa “Jika 10% dari semua pengendara sepeda London memasang satu Rolloe di sepeda mereka, mereka akan menyaring sekitar 266.865m³ udara, 20 kali ukuran Trafalgar Square.”

Baca juga: 5 Negara Ini Malah Beri Uang Bagi Pesepeda

‘Sustainability’ adalah semboyan inti dari Rolloe. Filter dapat kamu bersihkan dan gunakan kembali.

Bahkan polutan yang tertangkap Rolloe dapat digunakan kembali menjadi produk baru seperti bahan bangunan.

Rolloe terbuat dari bahan plastik daur ulang melalui cetakan injeksi. Saat ini masih dalam tahap pengembangan dan kemungkinan tersedia secara komersial tahun 2022.

Kristen juga berencana memproduksi Rolloe roda belakang untuk menggandakan daya penyaringan per perjalanan.

Menarik untuk melihat Rolloe untuk mobil atau truk. Mungkin akan lebih banyak teknologi ini di masa depan jika terbukti berhasil.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan