Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Negara Ini Malah Beri Uang bagi Pesepeda

Ilustrasi. (dok. Reuters)

Topcareer.id – Sejak PSBB dilonggarkan oelh pemerintah, banyak orang yang masih WFH maupun yang sudah kembali bekerja di kantor mengisi waktunya dengan berolahraga di luar rumah.

Salah satu yang sekarang kembali tren adalah bersepeda. Sekarang menjadi salah satu aktivitas luar rumah yang paling sering terlihat.

Kini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyusun regulasi untuk mengatur keamanan para cyclist atau pesepeda. Banyak negara yang memiliki regulasi terkait dengan sepeda, namun ada regulasi unik dari sejumlah negara yang justru memberikan insentif bagi para pengendara sepeda.

Baca juga: Bersepeda Kembali Ngetren, Industri Sepeda Mulai Menggeliat

Belanda
Bahkan, pemerintah Belanda akan membayar warganya untuk melakukannya. Seperti yang diumumkan pada akhir 2018, pemerintah Belanda akan menghabiskan sekitar 390 euro juta untuk infrastruktur bersepeda dalam upaya untuk mendorong 200.000 lebih banyak orang untuk bersepeda ke dan dari tempat kerja pada tahun 2021.

Ada manfaat besar untuk penghasilan kamu jika kamu adalah seorang pengendara sepeda di Belanda. Sejak 2006, banyak perusahaan telah memberi reward kepada pengendara sepeda dengan kredit pajak 0,19 euro per kilometer, di mana jarak rute bersepeda disetujui oleh perusahaan dan karyawan mereka. Jadi, jika kamu karyawan yang bersepeda sejauh 10 kilometer setiap hari selama lima hari seminggu, kamu bisa mendapatkan reward dari perusahaan sekitar 450 euro setahun dari skema tersebut.

Italia
Januari 2019, Bari, Italia mengumumkan akan memberikan pengendara sepeda 0,21 euro untuk setiap kilometer bagi mereka yang bersepeda untuk bekerja. Meskipun skema mereka didanai oleh pemerintah dan mirip dengan di Belanda, namun dibatasi hanya sekitar 25 euro maksimal sebulan. Mereka juga menawarkan kira-kira 155 euro untuk membeli sepeda baru.

Baca juga: Agar Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

Prancis
Sementara itu, di Prancis, pengendara sepeda dapat mengklaim 0,25 europer kilometer, namun batas tahunannya sangat kecil hanya 200 euro. Ini tidak sepenuhnya diterima dengan baik, dengan beberapa orang mempertanyakan imbalan yang cukup kecil ini.

Hasilnya selama periode percobaan enam bulan di negara ini, hanya menikmati keberhasilan moderat dengan jumlah pengendara sepeda reguler hanya bertambuh sekitar 200 orang.

Belgia
Belgia sukses dengan skemanya sendiri yang menawarkan skema insentif keuangan terlama untuk pengendara sepeda, pertama kali dilakukan pada tahun 1999. Pemerintah Belgia menawarkan pengendara sepeda 0,24 euro per kilometer dan telah meningkatkan jumlah pengendara sepeda di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, menurut Federasi Pengendara Sepeda Eropa, jumlah orang yang bersepeda untuk bekerja dan menerima kredit mereka melonjak hingga 30 persen antara 2011 dan 2015.

New Zealand
Di New Zealand ada biro iklan Make Collective berbasis di Christchurch, yang mulai menawarkan karyawannya bersepeda untuk 5 dolar per hari di awal 2018. Terlebih lagi, jika mereka mempertahankannya selama lebih dari enam bulan, hadiah mereka naik dua kali lipat menjadi 10 dolar per hari, untuk dibayarkan sebagai bonus pada akhir tahun.

Christchurch memiliki lebih banyak pengendara sepeda daripada kota lain di negara ini, memiliki 13 rute utama untuk bersepeda melalui pusat kotanya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply