Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Oktober 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ingin Tidur Nyenyak? Setop Minum Kopi di Jam Ini

Ilustrasi: AARP

Topcareer,id – Masih banyak orang yang tidak sepakat mengenai jam berapa kamu harus berhenti minum kopi agar tidak mengganggu tidur.

Bagi kamu pecandu kafein, inilah faktanya tentang waktu terbaik berhenti minum kopi untuk tidur yang nyenyak.

Ada banyak penelitian tidur yang dilakukan di mana subjek mengonsumsi kafein sepanjang hari.

Dan kemudian tim penelitian akan mengawasi untuk melihat bagaimana hal itu mempengaruhi siklus tidur para peserta.

Penelitian membuktikan minum secangkir kopi tiga dan enam jam sebelum tidur bisa mengganggu siklus tidur subjek meski hanya satu jam.

Gangguan ini mungkin tidak akan kamu sadari, tetapi terbukti bahwa kafein memiliki efek negatif pada pola tidur kamu.

Sebagian sumber lain mungkin memberi tahu kamu bahwa kafein akan keluar dari sistem tubuhmu antara 4-6 jam setelah kamu meminumnya.

Itu berarti secara teknis kamu bisa minum kopi di sore hari dan berhenti agar malam kamu bisa tidur dengan baik.

Namun, itu semua relatif. Tergantung pada tubuh, kebiasaan, dan jadwal tidur kamu.

Baca juga: 3 Alasan Biji Kopi Utuh Lebih Baik Daripada Kopi Bubuk

Pertimbangkan banyaknya kopi yang kamu minum

Seseorang mungkin memberi tahu kamu untuk tidak minum kopi setelah jam 4 sore. Tetapi jika kamu pergi tidur pada pukul dua pagi, itu mungkin tidak akan menjadi masalah jika kamu meminumnya jam 7 atau 8 malam.

Fungsi tubuh setiap orang sedikit berbeda, jadi kafein mungkin keluar dari sistem seseorang lebih cepat daripada sistem orang lain.

Juga, pertimbangkan berapa banyak kafein yang kamu minum sehari-hari. Mengutip Daily Mail, kafein bisa mengganggu aliran melatonin.

Melatonin adalah bahan kimia yang sebenarnya membuat kamu mengantuk untuk tertidur.

Setelah penelitian di mana subjek diberi pil kafein setara dengan dua atau tiga cangkir kopi, para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein setelah jam 5 sore.

Tetapi sekali lagi, itu semua tergantung pada kondisi dan kemampuan tubuh kamu mengolah kafein.

Untuk tetap aman, saran terbaik berhenti minum kopi sekitar enam jam sebelum waktu tidur.

Jika kafein benar-benar mempengaruhi tidur kamu, mungkin yang terbaik adalah mengganti jadwal ngopi sore menjadi pagi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan