Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ketika Usia jadi Masalah saat Interview Kerja, Coba Tips Ini

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Ketika kamu melakukan wawancara di sebuah tempat kerja, terkadang ada dari mereka yang menanyakan tentang usia kamu.

Jika kamu masih muda, pertanyaan ini tentu bukan masalah. Tapi lain halnya jika kamu sudah berusia di atas rata-rata para kandidat yang lain.

Seperti dikutip dari The Balance Careers, ini tentu akan jadi tahapan yang berisiko. Terutama jika perusahaan mempertimbangkan beberapa isu seperti:

  • Energi yang mulai melemah dan performa yang mulai melambat
  • Masalah kesehatan
  • Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Kemampuan untuk memahami tren atu teknologi terbaru
  • Kesulitan untuk bergaul dan menyamai pemikiran karyawan yang lebih muda, dan sebagainya.

Jika menghadapi situasi seperti ini, jangan panik dulu. Cobalah jawab keraguan-keraguan itu dengan jawaban yang baik.

Baca juga : Kebohongan Kecil yang ‘Dibolehkan’ saat Interview Kerja

Jika mereka meragukan energimu, kamu bisa menonjolkan kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam pekerjaan sehari-hari.

Atau jika mereka membahas masalah kesehatan, kamu bisa menceritakan keseriusan kamu dalam menjaga kebugaran tubuh. Mulai dari berolahraga rutin hingga menjaga pola makan.

Selanjutnya, jika mereka meragukan kemampuanmu beradaptasi dengan lingkungan baru dan bekerjasama dengan anak-anak muda, kamu bisa mengilustrasikan cara kerjamu dalam berkelompok, dan bagaimana kamu menjalin hubungan baik dengan mantan-mantan rekan kerjamu.

Terakhir, saat disinggung soal tren dan teknologi, tunjukkan kemampuanmu dalam memahami aplikasi-aplikasi atau software terbaru yang berhubungan dengan pekerjaanmu.

Jangan lupa ceritakan tren-tren yang sedang digandrungi di masa sekarang, sehingga kamu bisa membuktikan jika kamu terus berimprovisasi mengiringi kemajuan zaman.

Namun ingat, hindari kesan terlalu menyombongkan diri. Sebaliknya, tunjukkan jika kamu adalah pribadi yang mau terus mempelajari hal-hal baru demi kemajuan kariermu.

Nah, semoga dengan jawaban-jawaban itu, perekrut akan merasa cukup yakin untuk meneruskan interview dan menempatkanmu dalam pekerjaan yang dibutuhkan.

Tetap semangat ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan