Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hai Para Introvert, Ini Tips Memulai Kerja di Perusahaan Baru

Ilustrasi. (dok. Startup Stock Photos)

Topcareer.id – Bagi para introvert, bertemu banyak orang baru, melakukan orientasi dan sebagainya di tempat kerja baru akan terasa mengintimidasi, menakutkan, dan melelahkan.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus agar para introvert bisa survive melewati hari tersebut, sekaligus mengurangi tingkat stres yang dialami.

Seperti dikutip dari The Balance Careers, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Pertimbangkan saat bilang Iya
Di hari pertama, biasanya ada tawaran seperti ajakan makan siang bersama, bergabung komunitas yang ada, dan sebagainya.

Meski kamu akan tergoda untuk bilang “iya” karena takut mereka tersinggung jika menolak, namun ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini dengan serius.

Baca juga : Lebih Suka Minum Kopi dengan Cara Ini? Kemungkinan Kamu Introvert

Pastikan kamu mengatakan “ya” hanya untuk hal-hal yang sesuai dengan kepribadianmu. Tak usah ragu menolak tawaran sesuatu yang jauh di luar zona nyaman kamu.

Kabar baiknya, jika kamu masih WFH akibat pandemi dan hanya berkomunikasi via Google Meet atau WhatsApp, masalah ini akan lebih mudah untuk dilalui.

Adakan latihan untuk memperkenalkan diri
Normalnya, di hari pertama kerja, kita akan diminta untuk memperkenalkan diri di depan sesama karyawan dan bahkan atasan.

Biasanya akan ada permintaan-permintaan penyegar suasana seperti menyanyi, membaca puisi, atau pertanyaan-pertanyaan yang lucu. Ini tentu sangat menakutkan bagi introvert.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan latihan untuk hal ini beberapa hari sebelumnya. Kamu bisa melakukannya di depan cermin, atau di depan sahabat terbaikmu, hingga kamu hapal semua kata-kata perkenalanmu, dan merasa yakin dengan itu.

Beri waktu untukmu menyendiri
Dalam proses melalui ini semua, jangan lupa berikan dirimu waktu untuk beristirahat dan menyendiri. Jika kamu ada di kantor, cobalah cari tempat yang tenang untuk bersantai dan mengembalikan energimu. Syukuri beberapa keberhasilan yang telah kamu lalui di hari ini, dan persiapkan diri untuk tantangan selanjutnya.

Jujur pada partner kerjamu
Terakhir, kamu bisa mulai jujur mengungkapkan bagaimana kamu bisa nyaman dalam bekerja.

Sebagai contoh, kamu mungkin bisa memberitahu partner kerjamu kalau kamu suka bekerja dengan tenang dan berkomunikasi hanya dengan orang-orang yang memang terkait dengan pekerjaanmu.

Dengan begitu, kamu tak akan dikejutkan dengan keramaian-keramaian yang tak perlu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan