Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hindari 10 Perkataan Buruk Ini saat Wawancara Kerja (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Built in)

Topcareer.id – Saat kamu dalam proses wawancara suatu pekerjaan, manajer perekrutan ingin mendapatkan kesan tentangmu. Mereka ingin tahu siapa dirimu dan apakah kamu cocok untuk lowongan mereka.

Dengan teknologi modern, banyak orang akan diwawancarai dari jarak jauh atau secara remote, misal lewat video call.

Namun, dalam wawancara remote ini sebaiknya kamu tidak mengeluarkan kata-kata yang bisa merusak peluangmu lolos interview.

Melansir Ladders, berikut 10 perkataan terburuk yang keluar saat wawancara video.

1. Saya seorang perfeksionis

Kita sudah tahu bahwa kamu tidak boleh menyebut perfeksionisme dalam sebuah wawancara. Ini adalah klise yang sering didengar oleh manajer perekrutan. Cobalah untuk memikirkan sesuatu yang menunjukkan bahwa kamu telah tumbuh dan belajar mengatasi kelemahan itu.

2. Itu ada di resume saya

Hindari bersikap kasar selama wawancara jarak jauh kamu. Ketika manajer perekrutan meminta sesuatu yang ada di resumemu, mungkin mereka mencari interpretasi dirimu atau detail lebih lanjut.

Baca juga: Simak, Ini Tips Memulai Bisnis Untuk Anak Kuliahan

3. Apa yang dilakukan perusahaan?

Hindari menanyakan apa yang dilakukan perusahaan. Itu adalah sesuatu yang dapat kamu temukan dengan penelusuran Google sederhana. Tunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa kamu telah meluangkan waktu untuk mempersiapkan wawancara, dan kamu tertarik dengan posisi tersebut.

Jika kamu tahu apa yang dilakukan perusahaan, kamu dapat berbicara lebih banyak tentang peran spesifik yang kamu lamar.

4. Mengeluh tentang perusahaan terakhirmu

Saat kamu melakukan wawancara jarak jauh, jangan mengeluh tentang perusahaan terakhirmu. Itu tidak profesional, dan bisa menjadi bumerang bagi dirimu. Misalnya, manajer perekrutan dapat menghubungi atasanmu secara teratur. Hindari mengeluh tentang pekerjaanmu saat ini dan jelaskan mengapa pekerjaan ini cocok untuk kamu.

5. Terlalu mempersiapkan jawaban

Meskipun mempersiapkan itu bagus, jangan berlebihan. Terutama jika ini adalah wawancara jarak jauh, kamu tidak ingin memberi mereka kesan bahwa kamu membaca balasan dari layar.**(Feb)

Tinggalkan Balasan