Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenag: Lebaran Jatuh Pada 13 Mei 2021

Topcareer.id – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa Idul Fitri tahun ini jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Keputusan ini pun didasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama UIN, LAPAN, perwakilan BMKG, Badan Informasi Geospasial dan beberapa pihak lainnya, di Kantor Kemenag, Jakarta, pada Selasa (11/5/2021).

“Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,” ujar Menteri Agama sekaligus pemimpin sidang, Yaqut Cholil Qoumas.

Lebih lanjut Menag menjelaskan bahwa dalam sidang tersebut, Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag menyatakan, tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat.

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Tanggal 13 Mei 2021

Dengan posisi demikian, maka secara astronomis atau hisab, hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat. Hal ini selanjutnya terkonfirmasi oleh pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag. Pada tahun ini, rukyah dilaksanakan Kemenag pada 88 titik di Indonesia.

“Kita mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal bekerja di bawah sumpah, mulai dari provinsi Aceh hingga Papua. Di 88 titik tersebut, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal,” tuturnya.

“Karena alasan ini, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,” pungkas Menag.

Meski demikian, Yaqut kembali mengingatkan seluruh umat Islam untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam merayakan lebaran. Mengingat hari kemenangan ini masih dirayakan dalam suasana pandemi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan