Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Kebiasaan Bertahun-tahun yang Tanpa Sadar Merusak Kulit (Bagian 2)

Gatal-gatal di kulit.

Topcareer.id – Tentu beragam hal akan kamu lakukan untuk menjaga kulit tampak sehat apalagi seiring bertambahnya usia. Tapi ada kebiasaan tertentu yang harus kamu hindari jika ingin terlihat lebih muda, lebih lama lagi.

Sadar atau tidak, kamu mungkin sering melakukan beberapa kebiasaan ini bertahun-tahun yang ternyata bisa merusak kulitmu dalam jangka waktu lama. Mulai dari konsumsi alkohol hingga terlalu banyak pemakaian produk berbeda, berikut beberapa kebiasaan yang merusak kulit, dilansir Ladders.

6. Terburu-buru atau tidak konsisten dengan perawatan rutin

Menurut Tracy Ahern, Founder of Au Natural Skinfood, kamu tidak boleh terburu-buru dalam melakukan rutinitas perawatan kulit.

“Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk tetapi hanya meluangkan waktu lima menit dari hari kita untuk benar-benar merawat kulit kita membuat semua perbedaan. Jika kamu meluangkan waktu untuk perawatan kulitmu setiap hari, kulitmu akan berterima kasih,” kata Ahern.

7. Mencampur dan mencocokkan berbagai merek

“Mencampur dan mencocokkan menggunakan produk dari berbagai merek dapat mengacaukan tingkat pH kulitmu dan membahayakan mikrobioma,” kata Ahern.

Ia menambahkan, hal itu dapat merusak kulit, jadi untuk menghindarinya, tetap sederhana: berpegang pada satu merek.

8. Makan terlalu banyak gula

“Kebanyakan pria dan wanita tidak menyadari bagaimana gula berkontribusi pada penampilan yang lebih tua,” kata Sanusi Umar MD, Dermatologis di Klinik Rambut dan Kulit Dr. U.

Baca juga: 11 Rutinitas Pagi Yang Mendukung Kesehatan Mental (Bagian 2)

Dalam tubuh kita, kata dia, gula mengalami proses yang disebut glikasi (mirip dengan karamelisasi) dan produk akhir, yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjutan (AGE), menumpuk dan menempel pada serat kulit kolagen dan elastin, menjadi kaku dan rapuh.

Menurut Umar, glikasi juga merusak enzim penghasil antioksidan kita, meningkatkan kerusakan radikal bebas penyebab penuaan (yaitu stres oksidatif).

9. Minum kopi setiap hari dan konsumsi alkohol

“Kopi adalah bagian dari rutinitas pagi setiap orang. Namun kebiasaan ini menjadi penyebab utama yang merusak dan menua kulit kita dari waktu ke waktu,” kata Umar.

Kopi juga mengurangi diameter pembuluh darah kita, membuat sel kita lebih sulit menerima air. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, racun menumpuk di jaringan kita yang meningkatkan terjadinya peradangan.

“Tidak ada yang benar-benar menyukai yang ini, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, sains menemukan semakin banyak bukti bahwa alkohol juga mempercepat proses penuaan kulit kita,” kata Umar.

10. Melewatkan sunscreen

Kerusakan akibat sinar matahari adalah penyebab utama penuaan kulit — sinar UV berinteraksi dengan molekul oksigen di lapisan luar, melepaskan elektron untuk menghasilkan radikal bebas yang mengais kulit kita untuk menggantikan elektron yang hilang. Kerusakan oksidatif ini menyebabkan kita terlihat lebih tua.

Namun, menurut Umar, tabir surya harian (30+ UVB) dapat membantu mencegah atau menunda proses penuaan tersebut.**(Feb)

Tinggalkan Balasan