Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Kebiasaan Bertahun-tahun yang Tanpa Sadar Merusak Kulit (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Tentu beragam hal akan kamu lakukan untuk menjaga kulit tampak sehat apalagi seiring bertambahnya usia. Tapi ada kebiasaan tertentu yang harus kamu hindari jika ingin terlihat lebih muda, lebih lama lagi.

Sadar atau tidak, kamu mungkin sering melakukan beberapa kebiasaan ini bertahun-tahun yang ternyata bisa merusak kulitmu dalam jangka waktu lama. Mulai dari konsumsi alkohol hingga terlalu banyak pemakaian produk berbeda, berikut beberapa kebiasaan yang merusak, dilansir Ladders.

1. Mengganti krim dengan minyak

Menurut Trisha Moran, Founder of Aislin Quinn Skincare, minyak dan air memiliki fungsi yang sangat berbeda sehingga memainkan peran yang sangat berbeda dalam kesehatan kulit. “Hidrasi yang tepat berasal dari aplikasi topikal perawatan hidro seperti esens atau krim, dan yang sama pentingnya, hidrasi berasal dari hidrasi yang benar dengan meminum cukup air,” jelas Moran.

“Mengganti pelembab dengan minyak akan menyebabkan kulit dehidrasi karena minyak bersifat hidrofobik — menolak air — jadi mengoleskan minyak ke wajah tanpa terlebih dahulu mengoleskan pelembap secara efektif mengunci kelembapan, dan menghilangkan hidrasi dasarmu.”

2. Menggunakan toner tertentu

Menurut Barry Goldman, Dermatologist, banyak toner sebenarnya mengandung alkohol tingkat tinggi.

“Alkohol mengeringkan dan benar-benar dapat meningkatkan produksi minyak kulitmu,” kata Goldman. Sebaliknya, pilihlah air mawar, lidah buaya, atau minyak pohon teh — yang semuanya memiliki sifat astringen, anti inflamasi, dan anti bakteri, tetapi tidak membuat kulit kering.

3. Tidak cukup menghidrasi

Sudah jelas bahwa air adalah bagian penting dari semua kehidupan di bumi. Tidak heran jika kurang meminumnya dapat berdampak buruk.

Baca juga: 11 Rutinitas Pagi Yang Mendukung Kesehatan Mental (Bagian 1)

Tidak hanya mencegah efek penuaan, tetapi juga terbukti menjaga tingkat pH, mengurangi bengkak, dan mencegah jerawat. Coba tambahkan lemon ke air untuk kesehatan tambahan untuk meningkatkan kadar kolagenmu.

4. Berlebihan dalam lulur tubuh

Scrub dan exfoliant yang mengandung butiran / butiran berukuran besar dapat menyebabkan mikro robekan pada permukaan kulit.

“Air mata mikro melemahkan kulit dan pelindung kulit,” kata Goldman. Kulit bisa menjadi bercak kering dan bersisik, menjadi merah dan sensitif. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memilih pengelupas kimiawi yang lebih lembut daripada scrub bertekstur.

5. Terlalu lama mandi air panas

“Mandi air panas yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering bersisik dan bahkan dapat menghilangkan faktor pelembab alami dari kulit. Tentu, mereka merasa senang saat ini, tetapi kamu akan menanggungnya nanti.

“Kulit orang-orang menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia, tetapi orang-orang akan mandi air panas dalam waktu yang lama tanpa menyadari bahwa tubuh mereka telah berubah dan tidak dapat menahan panas,” jelas Goldman.**(Feb)

Tinggalkan Balasan