Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Bitcoin, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

El Savador setujui Bitcoin jadi alat pembayaran yang sah.Dok/Pool.com

Topcareer.id – Bitcoin telah menjadi mata uang kripto terkenal, tersedia dalam berbagai format termasuk Ethereum, Ripple, Litecoin, hingga Bitcoin Cash.

Bitcoin adalah sejenis mata uang kripto dan merupakan jenis komoditas atau modal digital yang perdagangannya sama seperti mata uang biasa.

Cryptocurrency semacam ini tidak didistribusikan atau didukung oleh bank sentral atau pemerintah mana pun.

Artinya, bitcoin tidak memiliki dasar hukum dan kamu tidak akan mendapat kompensasi jika terjadi kesalahan.

Ketika kamu memilih Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, kamu akan memiliki sedikit keamanan hukum dan risiko besar terhadap uangmu.

Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Bitcoin? Ini penjelasannya.

Kelebihan Bitcoin:

  • Transparansi
    Blockchain dalam bitcoin memungkinkan untuk melacak dan memverifikasi semua transaksi yang telah berlangsung.
  • Aksesibilitas
    Perdagangan bitcoin bisa berlangsung kapan saja dengan mitra mana pun di dunia tanpa biaya tambahan untuk transaksi lintas batas.
  • Desentralisasi
    Jaringan Bitcoin beroperasi secara independen dari lembaga pemerintah atau lembaga keuangan. Setiap aktor dalam jaringan Bitcoin otomatis menjamin fungsionalitas protokol.
  • Risiko pencurian rendah
    Informasi pribadi tetap rahasia untuk memastikan keamanan kedua belah pihak dalam proses pembayaran. Biaya tersembunyi dan pembayaran palsu segera terdeteksi oleh blockchain dan tidak dapat ditutup-tutupi.
  • Kecepatan
    Transaksi dalam jaringan Bitcoin prosesnya hanya dalam hitungan menit, sementara bank tradisional memerlukan hingga beberapa hari untuk satu transaksi.

Baca juga: Mata Uang Digital Vs. Cryptocurrency. Apa Bedanya?

Kekurangan Bitcoin:

  • Risiko hukum
    Pemerintah dapat mencoba untuk mengatur, membatasi atau melarang penggunaan dan penjualan Bitcoin, yang telah terjadi di beberapa yurisdiksi.
  • Volatilitas
    Bagi banyak pedagang, ini adalah alasan untuk tidak menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran karena takut harga akan turun tajam.
  • Kemungkinan pendanaan untuk aktivitas illegal
    Sayangnya, Bitcoin masih digunakan untuk mendanai aktivitas ilegal dan pencucian uang. Namun, dinas rahasia di seluruh dunia sedang memperluas keahlian mereka dalam keamanan siber untuk menangkal kejahatan kripto.
  • Kehilangan kunci
    Karena Dompet Bitcoin sangat mudah terbuka dengan kunci publik dan privat, salah satu atau kedua kunci ini sering hilang.
  • Tidak dapat melakukan perubahan transaksi
    Tidak dapat berubahnya transaksi Bitcoin tidak selalu menjadi aspek positif, tetapi bisa menjadi masalah besar jika terjadi transaksi yang salah.**(Feb)
the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan