Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sering Lakukan 1 dari 8 Kebiasaan Pagi Ini, Fix Gampang Stres (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Bagaimana kamu bangun di pagi hari? Memanfaatkan alarm smartphone tepat di samping tempat tidur? Awalnya mungkin ini bukan masalah besar, tapi memeriksa ponsel tepat ketika kamu bangun sebenarnya adalah kebiasaan pagi yang dapat menyebabkan kamu lebih stres.

Jika kamu seperti perkiraan 8 dari 10 orang yang menggunakan alarm ponsel untuk bangun, kamu juga bagian dari 80% yang juga memeriksa ponsel mereka dalam sepuluh menit pertama pagimu.

Selain periksa ponsel, berikut kebiasaan pagi yang membuatmu makin stres, melansir Ladders.

1. Penggunaan ponsel

Memulai pagi dengan menggunakan ponsel adalah kebiasaan buruk, menyebabkanmu stres. Baik itu media sosial (lebih dari itu dalam satu detik), email, SMS, atau hanya bermain game, penggunaan ponsel melepaskan bahan kimia yang disebut dopamin.

Kebiasaan pagi itu untuk mematikan alarm dan bermain di ponsel bukan hanya pembuang waktu yang paling umum. Namun, secara kimiawi ia mengaktifkan siklus dopamin, yang juga menghalangi pelepasan oksitosin. Oksitosin adalah bahan kimia yang membantu membawa kegembiraan dan meningkatkan motivasi.

2. Berita & media sosial

Menonton atau membaca berita dan mengecek media sosial adalah cara jitu untuk menaikkan tingkat stresmu. Baik itu umpan feed sosial, aplikasi berita, atau bentuk media lainnya, langsung masuk dan memulai harimu dengan berita bukanlah ide yang baik.

Baca juga: Stres Di Tempat Kerja? Lepaskan Dengan Merajut

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa 90% berita dicap sebagai berita negatif. Naik ke tingkat negatif yang baru bukanlah resep yang baik untuk menjadi produktif.

3. Tidak sarapan

Tidak sarapan pagi mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi itu membuat tubuhmu stres. Dalam kebanyakan kasus, kamu bangun setelah 7-9 jam istirahat, bisa jadi sudah sampai 12 jam sejak terakhir kali kamu makan.

Tubuhmu lapar dan sangat membutuhkan jumpstart. Tetapi sebaliknya, banyak yang melewatkan sarapan, sehingga menyebabkan tubuh dan proses mereka mulai melakukan hal-hal yang aneh.

4. Sarapan yang salah

Tidak sarapan bukanlah cara yang baik untuk memulai pagimu, tetapi sarapan yang salah bisa menjadi konsekuensi yang sama. Sarapan yang salah – berkalori tinggi, tinggi lemak, tinggi gula, dan makanan yang banyak diproses – sebenarnya diketahui menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Lebih banyak kelelahan, lebih banyak stres.**(Feb)

Tinggalkan Balasan