Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minum Teh Bantu Pengaruhi Suasana Hati di Masa krisis

Topcareer.id – Selama berabad-abad, teh telah digunakan lebih dari sekadar menghilangkan dahaga. Di seluruh dunia orang minum teh untuk bersantai.

Minuman ini juga bisa menyegarkan dan menenangkan, dan itulah sesuatu yang orang butuhkan di masa krisis seperti sekarang.

Para ilmuwan mulai melihat bagaimana minuman ini dapat memengaruhi suasana hati dan kognisi.

Teh hijau, oolong dan hitam berasal dari tanaman yang sama yakni Camellia sinensis.

Untuk teh hijau prosesnya berbeda, karena menghasilkan tingkat yang lebih tinggi dari beberapa senyawa dengan efek positif bagi kesehatan mental.

Berikut ini alasan minum teh bisa membantu suasana hati di masa krisis.

Peningkatan fungsi otak
“Minum teh hijau terbukti meningkatkan fungsi otak pada orang sehat,” kata Stefan Borgwardt, ketua dan direktur departemen psikiatri dan psikoterapi di Universitas Lübeck, Jerman.

Dalam sebuah studi tahun 2014, ia dan timnya melihat adanya peningkatan konektivitas di wilayah otak yang terkait dengan memori kerja.

Dan tinjauan tahun 2017 terhadap lebih dari 100 penelitian yang dia tulis menemukan teh hijau dapat mempengaruhi fungsi otak.

Teh hijau dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan kognisi dengan memanfaatkan memori serta perhatian dan fungsi otak, khususnya memori.

Borgwardt juga mengingatkan bahwa minum ini tidak memiliki efek samping yang besar.

Baca juga: Cara yang Salah dalam Meminum Teh

Mengandung ragam senyawa yang baik
Yang paling melimpah dalam daun teh dan kafein adalah antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), kemudian L-theanine dan asam amino.

Ada juga saran bahwa minuman ini dapat memperbaiki gejala depresi, demensia, dan down sindrom.

Studi tahun 2018 di Korea Selatan menemukan bahwa peminum teh hijau rutin, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi selama hidupnya.

Tetapi Bogwardt mencatat bahwa penelitian itu berada pada tahap yang sangat awal, dan masih harus ada uji klinis lebih besar.

Tidak berbahaya
Teh memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan fisik dan terkait dengan umur panjang serta mengurangi beberapa faktor risiko penyakit.

Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diminimalisir dengan teh yang juga memiliki efek penghilang lemak.

Teh mengandung flavanol yang juga ada dalam kakao dan beberapa jenis buah. Mengonsumsi flavanol bisa menurunkan tekanan darah.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan