Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pentingnya Keterampilan Komunikasi Interpersonal di Perusahaan (Bagian 2)

Topcareer.id – Keterampilan komunikasi interpersonal itu penting, ini merupakan proses pertukaran informasi, ide dan perasaan antara dua orang atau lebih melalui metode verbal maupun non verbal.

Keterampilan ini sering kali mencakup pertukaran informasi tatap muka, dalam bentuk suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan gerak tubuh.

Tingkat keterampilan komunikasi interpersonal seseorang diukur melalui efektivitas pengiriman pesan kepada orang lain.

Komunikasi interpersonal yang umum dalam suatu organisasi meliputi komunikasi internal karyawan harian, rapat klien, tinjauan kinerja karyawan, dan diskusi proyek.


Keterampilan interpersonal sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Sekarang mari lihat mengapa skill ini sangat penting untuk pengembangan karier dan produktivitas.

Bagian kedua dari artikel:

8) Hubungan pribadi
Keterampilan interpersonal sangat penting untuk menciptakan dan memelihara hubungan pribadi yang bermakna di tempat kerja.

Orang-orang dengan keterampilan komunikasi interpersonal yang baik dapat membangun hubungan yang sehat dengan kolega dan klien perusahaan.

9) Manajemen dan kepemimpinan yang efektif
Kemampuan untuk membina hubungan interpersonal, membangun kepercayaan dan berkomunikasi dengan jelas adalah keterampilan wajib untuk seorang pemimpin.

Ketika seorang manajer memiliki keterampilan komunikasi antarpribadi yang buruk, mereka dapat mengganggu dan membingungkan karyawan.

10) Kesuksesan karyawan
Keterampilan komunikasi interpersonal yang baik juga perlu bagi manajer untuk membantu karyawannya melakukan pekerjaannya dengan sukses.

Selain itu, mereka harus menjadi orang yang mengajari karyawan mereka keterampilan komunikasi interpersonal.

Baca juga: 4 Keterampilan ‘Tak Berguna’ yang Layak Kamu Pelajari

11) Manajemen konflik
Konflik adalah hal yang normal di tempat kerja. Manajemen konflik tidak dapat terjadi tanpa komunikasi interpersonal yang efektif.

Faktanya, strategi manajemen konflik yang menggunakan komunikasi untuk melunakkan situasi di lingkungan penuh tekanan jauh lebih berhasil.

12) Pengembangan karier
Banyaknya perusahaan yang mencari pekerja dengan skill komunikasi yang baik, peningkatan skill komunikasi antarpribadi bisa membawa kemajuan karier karyawan.

Survei oleh Workforce Solutions Group, lebih dari 60% perusahaan mengatakan bahwa pelamar yang tidak menunjukkan skill komunikasi interpersonal tidak akan diterima bekerja.

13) Pekerjaan jarak jauh
Selama pandemi, kita semua telah menyaksikan pentingnya komunikasi di tempat kerja.

Dengan munculnya sistem pekerjaan jarak jauh, komunikasi interpersonal antara rekan kerja, kolega, manajer, dan pemimpin telah terganggu.

Untuk menjaga kelangsungan kerja yang baik, pimpinan perlu terus mendorong percakapan di tempat kerja yang menarik.

14) Manajemen krisis
Salah satu karakteristik perusahaan yang berhasil mengelola krisis adalah kemampuan untuk mendorong komunikasi antarpribadi di tempat kerja.

Ketika karyawan terhubung dan memiliki kemampuan untuk berkolaborasi secara efisien, akan jauh lebih mudah bagi organisasi untuk mengkomunikasikan dampak krisis pada tingkat pribadi dan perusahaan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan