Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Doyan Belanja Online? Wajib Tahu Risiko Ini

Online Shopping

Topcareer.id – Kamu termasuk orang yang suka belanja secara online? Sudah tahu belum, tenyata data diri yang biasanya tertulis di atas paket bisa digunakan kembali olah pihak yang tak bertanggung jawab, dan membuat sejumlah kerugian termasuk dari segi keuangan lho.

Kementerian Komunikasi dan Informatika tak segan membagikan tips cara melindungi data pribadi setelah berbelanja barang online.

“Paket yang kamu dapatkan dari belanja online mengandung data pribadi yang bisa disalahgunakan. Lakukan hal ini untuk meminimalisir hal tersebut,” tulis Kemenkominfo melalui akun instagram resminya, Minggu (6/6/2021).

Baca juga: Apakah Kamu Termasuk Milenial Geriatrik? Cek di Sini

Kemenkominfo pun menganjurkan agar tidak langsung membuang kemasan paket yang diterima sebelum kita mencoret alamat dan nomor telepon yang tertempel di kemasan paket.

“Gunting data tersebut menjadi potongan kecil agar semakin sulit untuk disatukan,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, ada sejumlah kasus kejahatan yang jika ditelusuri berawal dari data pribadi yang tertera pada kemasan paket online yang dibuang begitu saja.

Beberapa kejahatan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan data diri orang lain, misalnya menggunakan data diri untuk pinjaman online, masuk ke aplikasi penting tertentu, booking hotel, dan lain-lainnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan