Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Profesi Ortodentis, Beda Lho dengan Dokter Gigi

Topcareer.id – Jika kamu rutin menjaga kesehatan gigi ke spesialisnya, mungkin kamu akrab dengan pekerja ortodentis. Mereka adalah profesional gigi yang dilatih untuk memperbaiki ketidakteraturan pada gigi dan rahang.

Senyum dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengomunikasikan emosi kepada orang lain, dan tugas seorang dokter gigi adalah menggunakan keterampilan mereka untuk memastikan bahwa pasien mereka dapat merasa percaya diri menghadapi dunia.

Apa yang dilakukan ortodentis?

Ahli ortodonti memeriksa, mendiagnosis, dan merawat pasien yang mengalami maloklusi, atau gigi yang tidak selaras dengan benar.

Mengutip Ladders, ahli ortodontik dapat menutup celah di antara gigi, memperbaiki gigitan yang buruk, dan membantu mencegah masalah gigi seperti pembusukan dan kesulitan mengunyah karena ketidaksejajaran.

Sederhananya, seorang ortodontis meluruskan gigi yang bengkok, tetapi pekerjaan mereka sebenarnya cukup rumit. Ortodontis menggunakan berbagai perangkat untuk memindahkan gigi seseorang ke posisi yang tepat termasuk kawat gigi, retainer, aligner, spacer, dan band.

Tujuan ortodonti adalah untuk memperbaiki jarak gigi seseorang sehingga setiap gigi sejajar dengan benar dalam kaitannya dengan rahang. Meskipun ortodontis umumnya merawat remaja, mereka juga dapat memperbaiki masalah gigi untuk orang dewasa.

“Saat bekerja dengan anak-anak, ortodontis sering dapat mengidentifikasi masalah gigitan dan pelurusan sejak dini saat gigi dewasa tumbuh dan bekerja untuk mencegah hal-hal memburuk sepanjang masa dewasa,” tulis Ladders.

Baca juga: Mau Memulai Usaha Sampingan? Perhatikan 5 Hal Ini

Ortodontis mengevaluasi pasien menggunakan kombinasi pencitraan sinar-X, foto, cetakan cetakan, dan pemeriksaan langsung untuk menentukan perawatan. Biasanya, perawatan ortodontik adalah proses berkelanjutan di mana pasien dirawat selama beberapa bulan dan hingga beberapa tahun.

Penyesuaian bulanan harus dilakukan oleh ortodontis untuk perlahan-lahan memperbaiki gigitan seseorang dari waktu ke waktu.

Selain itu, beberapa ortodontis melakukan operasi rahang untuk memperpanjang atau memperpendek rahang dan memperbaiki gigitan seseorang menggunakan sekrup, kabel, dan pelat bedah.

Ortodentis dengan dokter gigi pada umumnya cukup berbeda pekerjaannya. Jika bisa dianalogikan, dokter gigi layaknya dokter umum biasa, sementara Ortodentis adalah mereka memilih spesialis ke jenjang yang lebih dalam terkait ortodenti.

Jika mengutip Hallosehat, ortodonti adalah bidang kedokteran gigi yang khusus mempelajari tentang estetika posisi gigi, rahang, dan wajah. Jadi, ortodontis akan fokus menangani bagaimana memperbaiki posisi gigi, dan memastikan rahangnya sejajar dengan benar agar tidak mengganggu struktur wajah.**(Feb)

Tinggalkan Balasan