Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kena PHK? Lakukan Ini sampai Dapat Kerjaan Baru

Ilustrasi PHK. Dok/Inc

Topcareer.Id – Kehilangan kerja di situasi pandemi seperti sekarang ini memang menakutkan.

Bertahan dengan keadaan ini bisa jadi tantangan yang lumayan berat. Apalagi dengan biaya kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Semoga tidak terjadi. Tapi jika kamu mengalami, coba terapkan tips ini supaya kamu bisa bertahan hingga dapat kerjaan lagi.

Dapatkan semua hakmu
Jangan mau meninggalkan perusahaan dengan tangan kosong. Perjuangkan beberapa hakmu seperti fee kontrak, pesangon, dana bpjs ketenagakerjaan, dan lain-lain.

Uang tersebut bisa kamu pergunakan untuk bertahan di masa-masa ini.

Jangan tergiur untuk menghabiskannya
Ingat meski jumlahnya lumayan, jangan sekali-kali memakainya untuk hal-hal yang tidak penting. Perjalanan masih panjang, sisihkan sebagian untuk dana darurat, dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Ambil job-job kecil
Lupakan gengsi. Lihat sekitar dan lakukan hal-hal yang bisa mendatangkan uang dengan cepat, tentunya dengan cara yang halal.

Baca juga: 6 Efek Negatif Minum Susu Berlebihan

Untuk sementara, kamu bisa bergabung dengan jasa pengantaran, mendaftar ojek online yang tersedia, hingga berjualan makanan-makanan kecil.

Jangan memikirkan laba dulu, yang penting kebutuhan sehari-harimu bisa terpenuhi dulu.

Pulang ke rumah orangtua
Jika memang orang tua tidak berkeberatan, kamu bisa mempertimbangkan untuk pulang dulu ke rumah orang tua. Ini akan lumayan menekan pengeluaran yang biasa kamu keluarkan seperti sewa, dll.

Namun, sebelum melakukannya, pastikan orang tua kamu dalam keadaan ekonomi yang stabil.

Pertahankan prioritas utama
Terakhir, selalu ingatkan diri kamu jika prioritas utamamu adalah mendapatkan pekerjaan baru, lalu tetaplah berjuanglah di situ.

Kamu mungkin sesekali tergiur untuk melanjutkan kuliah, atau kursus untuk mengisi waktu. Namun, pertimbangkan baik-baik sebelum diambil.

Jika kamu menyadari bahwa keuanganmu saat ini tak mampu menutupi biayanya, dalam beberapa waktu ke depan, lebih baik urungkan dulu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan