Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kapan Waktu Tidur Siang yang Membawa Manfaat?

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Studi ilmiah secara konsisten memuji tidur siang sebagai sumber daya yang diremehkan. Masalahnya, kita mungkin masih minim pengetahuan kapan dan berapa lama waktu terbaik untuk tidur siang, sehingga tidak mengetahui manfaat secara pasti.

Faktanya, orang dewasa yang lebih tua yang melakukan tidur siang sedang setelah makan siang melaporkan kognisi yang lebih baik daripada mereka yang tidak tidur siang sama sekali, menurut sebuah studi tahun 2016 yang bekerja sama dengan University of Pennsylvania dan China Health and Retirement Longitudinal Study.

Terlebih lagi, mereka yang tidak dapat memulihkan hutang tidur mereka dengan tidur siang dilaporkan mengalami peningkatan jumlah pemikiran negatif yang berulang secara signifikan, menurut penelitian dari Binghamton University.

Dengan kata lain, tidur siang yang memanjakan yang kamu lakukan saat bekerja dari rumah mungkin bukan kesenangan yang salah, bagaimanapun juga – itu mungkin menopang kesehatan mental dan kognitifmu.

Kapan?

Menurut terapis insomnia Candice Seti, jika kamu tidur siang lebih dari jam 3 sore, maka kamu berisiko mengganggu waktu tidurmu yang biasa dan merusak tidurmu yang sangat penting di malam hari.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidur siang sebelum tengah hari, dengan batas waktu yang sulit yaitu jam 3 sore. Meraih beberapa kedipan mata saat makan siang bisa menjadi ideal.

Baca juga: Waspada, Dengarkan Musik Terlalu Keras Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Berapa lama?

“Meskipun mungkin terdengar menggoda untuk tidur selama beberapa jam, tidur siang yang tepat itu singkat dan manis,” kata Seti.

Usahakan antara 15 dan 30 menit untuk tidur siangmu. Penulis buku terlaris Daniel Pink, yang menulis tentang bisnis dan perilaku manusia, menciptakan istilah “nappuccino” untuk menggambarkan triknya agar tidak tidur siang berlebihan. Seduh dan minum secangkir kopi kental tepat sebelum tidur siangmu.

Setelah 20 menit istirahat, kafein itu akan membantu membangunkanmu sehingga kamu bisa menyelesaikan hari.

Di mana?

“Dunia mungkin akan menjadi tempat yang jauh lebih sehat jika orang bisa tidur siang di mana pun mereka mau,” kata Seti.

“Karena kebanyakan orang membutuhkan posisi horizontal untuk tidur siang, tidur siang di mana saja sebenarnya bukan pilihan. Sebaliknya, kamu perlu melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kamu telah menciptakan lingkungan yang tenang untuk tidur siangmu.”

Sebaiknya, kamu menemukan tempat yang gelap, nyaman, dan tenang. Berkat bekerja dari rumah menjadi praktik standar, opsi ini menjadi lebih mudah dijalankan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan