Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Alasan Kenapa Kamu Tidak Lapar Saat Pagi Hari (Bagian 2)

Topcareer.id – Setelah berjam-jam perut kosong saat tidur malam hari, maka sarapan pagi merupakan makanan terpenting untuk kamu yang lapar. Lagipula yang sering kita dengar bahwa sarapan memiliki banyak manfaat keseahatan. Tetapi, apa kamu pernah tidak merasa lapar di pagi hari?

Jika kamu tidak merasa lapar di pagi hari, maka sarapan seperti sebuah tantangan bagi harimu. Melansir laman Healthline, berikut 6 kemungkinan alasan mengapa kamu tidak merasa lapar di pagi hari.

4. Kamu sedang hamil

Morning sickness adalah masalah umum yang ditandai dengan mual dan muntah. Ini mempengaruhi sekitar 80% orang selama kehamilan. Meskipun mual di pagi hari dapat memengaruhimu kapan saja, itu sering terjadi di pagi hari. Dalam kebanyakan kasus, itu membaik atau menghilang setelah 14 minggu kehamilan.

Morning sickness dapat mengurangi nafsu makan. Faktanya, dalam satu penelitian pada 2.270 wanita hamil, 34% melaporkan makan lebih sedikit selama awal kehamilan.

Selain mual di pagi hari, kehamilan dapat menyebabkan gejala pengurang rasa lapar lainnya seperti gangguan pencernaan, kembung, dan pengosongan lambung yang tertunda.

5. Kamu sakit

Merasa kurang enak badan sering menyebabkan penurunan nafsu makan dan tingkat kelaparan. Secara khusus, infeksi pernapasan seperti pilek, flu, dan pneumonia diketahui membuatmu merasa kurang lapar.

Baca juga: Studi: Musik Ternyata Sebabkan Gangguan Tidur

Dalam beberapa kasus, infeksi ini juga membatasi indra perasa dan penciumanmu, yang dapat mengurangi nafsu makan. Infeksi tertentu, seperti flu, juga dapat menyebabkan gejala yang mengurangi rasa lapar dan nafsu makan, termasuk mual dan muntah.

6. Penyebab lain yang mendasari

Selain faktor-faktor umum yang disebutkan di atas, ada beberapa kemungkinan alasan lain mengapa kamu tidak merasa lapar saat bangun tidur.

  • Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Banyak jenis obat, termasuk diuretik dan antibiotik, dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.
  • Kamu semakin tua. Penurunan nafsu makan umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan dapat disebabkan oleh perubahan kebutuhan energi, hormon, rasa atau bau, dan keadaan sosial.
  • Kamu memiliki masalah tiroid. Kehilangan nafsu makan bisa menjadi tanda hipotiroidisme, atau penurunan fungsi tiroid.
  • Kamu berovulasi. Estrogen, hormon seks wanita yang meningkat selama ovulasi, dapat menekan nafsu makan.
  • Kamu memiliki kondisi kronis. Kondisi tertentu seperti penyakit hati, gagal jantung, penyakit ginjal, HIV, dan kanker semuanya dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Jika kamu menduga bahwa kondisi yang mendasarinya mungkin berkontribusi pada kurangnya rasa lapar di pagi hari, konsultasikan dengan profesional kesehatan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan