Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Sebuah Mega Comet Terbang Memasuki Tata Surya

Dok/Space

Topcareer.id – Para astronom dilaporkan telah menemukan bahwa sebuah mega comet yang bergerak dari jangkauan terluar tata surya akan mendekati orbit Saturnus dalam dekade berikutnya.

Komet raksasa tersebut dikenal sebagai UN271, pertama kali ditemukan oleh Dark Energy Survey (DES) – sebuah proyek kolaborasi internasional yang dimulai pada tahun 2013.

DES terdaftar bekerja untuk Teleskop Victor Blanco Chili dan didirikan dengan tujuan untuk memetakan galaksi, mendeteksi supernova dan mengungkap misteri tentang energi gelap.

Penemuan itu diumumkan pada 19 Juni lalu, menggunakan data dari Minor Planet Electronic Circulars (MPECs) yang didanai NASA.

Menurut para ilmuwan, mega comet yang terbentuk dari bongkahan batu dan es itu diperkirakan berdiameter sekitar 130 hingga 370 kilometer.

Beberapa mengkualifikasi UN271 sebagai ukuran planet kerdil, meskipun astronom Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics Jonathan McDowell mempertanyakan analisis itu.

“Sepertinya mungkin terlalu kecil untuk memenuhi syarat sebagai planet kerdil?” tulisnya di Twitter. “Namun sangat keren.”

Gambar Objek Trans-Neptunus yang diposting oleh astronom Universitas Pennsylvania Pedro Bernardinelli menunjukkan gumpalan besar berwarna putih dan berpiksel, yang katanya terdiri dari beberapa gambar DES yang diambil selama periode tahun antara 2014 dan 2018.

Baca juga: Planet Neraka Ditemukan! Panasnya bisa Menguapkan Logam

Orbit “mega comet” telah diperbarui beberapa kali, tetapi sangat panjang, ratusan miliar kilometer dari matahari dan membutuhkan waktu sekitar 600.000 tahun.

“Berdasarkan magnitudo absolut yang diberikan dan mengingat betapa merahnya tampilannya pada gambar pendahuluan 2014 dari CFHT, saya akan memperkirakan ukuran mega comet ini memiliki diameter 130 -370 kilometer.” Kata Sam Deen, seorang astronom publik mengatakan dalam sebuah posting di forum Minor Planet Mailing List (MPML).

“Saya memiliki sedikit keraguan dalam pikiran saya bahwa saat ini mega comet semakin dekat dengan matahari, ia akan mulai menampilkan koma dan ekor yang khas dari setiap objek lain yang pernah terlihat di orbitnya,” tulis Deen.

Deen mencatat bahwa, berdasarkan magnitudonya, UN271 akan “sangat terang” meskipun The Weather Channel menunjukkan bahwa “mustahil” untuk melihat tanpa teleskop, sebelum terlempar kembali ke langit yang gelap.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan