Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Startup di China Kembangkan Teknologi Robot untuk Layanan Hotel

Topcareer.id – Di China, seiring dengan kemajuan teknologi, robot layanan di hotel pun kian menarik perhatian pemodal ventura dan pengusaha.

Shanghai Jingwu Intelligent Technology memproduksi robot, terutama untuk hotel.

Tim manajemen dan penelitian serta pengembangan startupnya sendiri pernah bekerja di bisnis robotika yang memiliki 17 tahun pengalaman di bidangnya.

Fokus perusahaan adalah pada robot pengiriman khusus di hotel. Mesin ini akan mengantarkan bahan makanan, surat, dan fasilitas yang dipesan oleh tamu hotel.

Robot juga terhubung ke ruang penyimpanan dalam kamar, telepon, speaker pintar, dan perangkat lainnya.

Modul khusus pelanggan tambahan seperti keamanan, perlindungan privasi, dan pemindaian suhu tubuh juga dapat dipasang. Robot dapat melakukan 70 hingga 80 pengiriman per hari.

Data dari uji instalasi robot Shanghai Jingwu Intelligent Technology oleh Home Inn Selected, jaringan hotel besar di China, menunjukkan bahwa beban kerja satu robot sama dengan satu pekerja hotel dan satu penjaga keamanan.

Hal ini tentu membuat efisiensi biaya tenaga kerja sekitar 9.000 yuan per bulan.

Menambahkan fungsi penjualan barang dagangan akan menambah 1.500 yuan per bulan selain untuk penghematan biaya tenaga kerja.

“Sumber pendapatan utama kami adalah penjualan robot ke hotel-hotel besar dan pendapatan tahunan dari layanan bernilai tambah. Kami telah menjalin kerjasama strategis dengan jaringan hotel besar, dan telah memasang produk robot pengiriman kami di hampir 1.000 hotel,” kata Pendiri Teknologi Cerdas Jingwu, Guo Zhen.

Baca juga: Robot Ini Bisa Antarkan Kebutuhan Pelanggan Ke Rumah

Perusahaan mengharapkan untuk memperluas jumlah lokasi robotnya yang beroperasi menjadi 3.500 pada akhir tahun 2021.

“Dengan filosofi pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi, kami ingin menembus manajemen real estat, sektor makanan dan minuman, serta obat-obatan untuk memperluas pangsa pasar kami selain hotel,” Guo menjelaskan.

“Kunci untuk bersaing di bidang robot hotel adalah pengembangan dan penjualan.”

Menurut Federasi Robotika Internasional (IFR), pasar robot layanan China mencapai USD 2,2 miliar pada 2019 yang merupakan 25% dari pasar dunia.

Menurut laporan IFR’s World Robotics 2020 Industrial Robots, pasar robot layanan global akan mencapai USD 27,7 miliar pada tahun 2023.

Persaingan di pasar China akan tumbuh hingga USD 8 miliar pada tahun 2023. Ini diperkirakan akan semakin meningkat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan