Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Startup Ini Gunakan Teknologi Percetakan 3D untuk Bikin Steak

Topcareer.id – Meningkatnya permintaan alternatif nabati untuk daging, startup Novameat di Barcelona menggunakan teknologi pencetakan 3D untuk memproduksi “steak” vegetarian.

Perusahaan startup Spanyol ini berharap akan mencapai pasar massal di tahun depan.

Novameat berencana untuk menjual “steaknya” langsung ke konsumen dan bisnis seperti restoran yang tertarik memproduksi daging nabati, kata manajer pengembangan bisnis Alexandre Campos kepada Reuters.

Perusahaan ini mengembangkan teknologinya sejak 2018 dan menunjukkan bagaimana printer 3D terbarunya menghasilkan makanan di Mobile World Congress (MWC) Barcelona.

“Tidak terasa seperti steak tradisional, tetapi saya sangat terkejut karena saya tidak menyangka teksturnya akan begitu baik,” kata salah seorang pengunjung yang mencicipinya.

Perusahaan menggunakan teknologi 3D untuk menguji resep dan memperkenalkan bahan melalui kapsul karena prosesnya lebih murah daripada memproduksi massal.

Setelah model dianggap berhasil, maka dapat diproduksi dalam skala yang lebih besar di mesin yang lebih besar untuk memproduksi hingga 500 kg daging palsu per jam.

Baca juga: Keren, Startup Ini Ciptakan Kaos Organik yang Bisa Terurai

Campos mengatakan bahwa tujuan startup ini adalah untuk menciptakan kembali serat otot daging hewan tetapi menggunakan 100% bahan nabati.

Dia memperkirakan industri makanan berbasis tanaman (plant based) akan terus tumbuh di masa mendatang.

Perusahaan juga mengatakan memproduksi daging palsu karena alasan lingkungan.

“Kami berusaha mengganti daging hewan dengan sesuatu yang lebih baik untuk planet ini, diri kita sendiri dan hewan,” kata Campos.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan