Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Penggunaan Ponsel Tingkatkan Risiko Tumor Hingga 60%

Dok. Engadget

Topcareer.id – Kecanduan smartphone? Kamu perlu meletakkannya sementara waktu. Karena menurut penelitian dari UC Berkeley School of Public Health, penggunaan ponsel yang lebih berat secara signifikan meningkatkan risiko tumor, terutama tumor otak.

Penelitian yang dilakukan bersama Pusat Kanker Nasional Korea dan Universitas Nasional Seoul, menyoroti tren yang mengkhawatirkan yang hanya tumbuh karena semakin banyak orang yang terhubung lebih dari sebelumnya.

Penggunaan ponsel yang lebih berat meningkatkan risiko tumor hingga 60%

Penelitian komprehensif yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health ini menggunakan data dari 46 penelitian lain dan 16 negara termasuk Amerika Serikat, Swedia, Inggris, Jepang, Korea, dan Selandia Baru.

Para peneliti menentukan bahwa menggunakan ponsel selama lebih dari 1.000 jam, atau 17 menit per hari, selama periode sepuluh tahun meningkatkan risiko tumor sebesar 60%.

Selain itu, individu yang menggunakan ponsel selama lebih dari satu dekade memiliki peningkatan risiko tumor secara keseluruhan dibandingkan dengan orang lain yang hanya menggunakan ponsel kurang dari lima tahun.

Baca juga: Makan Telur Malam Hari, Dan Dapatkan Tidur Yang Nyenyak

“Penggunaan telepon seluler menyoroti sejumlah masalah kesehatan masyarakat dan sayangnya hanya mendapat sedikit perhatian di komunitas ilmiah,” kata Joel Moskowitz, Ph.D., direktur Pusat Kesehatan Keluarga dan Masyarakat di Kesehatan Masyarakat Berkeley, dikutip dari laman Ladders.

Penelitian tentang risiko kesehatan ponsel telah dilakukan sebelumnya, tetapi Moskowitz mengatakan bahwa penelitian ini kontroversial karena dianggap sangat sensitif dan dapat memiliki konsekuensi ekonomi yang besar bagi industri yang kuat.

Cara memantau penggunaan ponsel

Moskowtiz menawarkan beberapa tips tentang bagaimana orang dapat menjaga diri mereka sendiri dengan penggunaan ponsel mereka dan mengurangi risiko bahaya dari radiasi.

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan.
Jauhkan ponsel 10 inci dari tubuh. Jika kamu harus memasukkannya ke dalam saku, pindah ke mode pesawat.
Gunakan headphone atau speakerphone untuk panggilan.
Letakkan ponselmu di ruangan yang berbeda saat kamu tidur
Gunakan ponselmu hanya saat sinyal paling kuat.

Tinggalkan Balasan