Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19Tren

Kabar Optimis: Kenaikan Kasus Mingguan Alami Perlambatan

Ilustrasi. Pixabay

Topcareer.id – Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, kasus positif memang terus menunjukkan peningkatan yang tajam, namun jika dilihat pada kasus aktif nasional, maka kenaikan mingguannya mengalami perlambatan.

Ia menyampaikan, kasus aktif pada 27 Juni meningkat 45,52% dari minggu sebelumnya, kemudian pada 4 Juli meningkat 42,15%, dan pada 11 Juli meningkat 27,36%.

“Peningkatan ini cenderung lebih rendah daripada minggu-minggu sebelumnya,” kata Prof. Wiku saat konferensi persnya, Selasa (13/7/2021).

Dia menambahkan, jika dilihat pada 34 Provinsi, sebanyak 16 Provinsi mengalami perlambatan kenaikan kasus aktif. Namun, dari 7 Provinsi di Pulau Jawa Bali, tidak seluruhnya menunjukkan perlambatan kenaikan.

DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur dan Banten mengalami perlambatan kenaikan. DKI pekan sebelumnya naik 50%, pekan ini naik 1,55%; Jawa Barat pekan sebelumnya naik 50%, pekan ini naik 36%; DIY pekan sebelumnya naik 49%, pekan ini naik 39%; Jawa Timur pekan sebelumnya naik 51%, pekan ini naik 50%; Banten pekan sebelumnya naik 56%, pekan ini naik 30%.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Jika Sudah Vaksinasi Penuh, Tapi Terinfeksi Varian Delta?

“Adanya perlambatan kenaikan kasus aktif ini dapat terjadi karena kenaikan kasus positif yang tinggi diimbangi dengan kenaikan kesembuhan yang tinggi juga,” ujar Prof. Wiku.

Menurutnya, hal ini penting karena menunjukkan kemampuan dalam melawan pandemi. Menyambung hal tersebut, jika dilihat pada gap antara kenaikan kasus positif dan kesembuhan semenjak lonjakan kasus pada beberapa pekan terakhir, penambahan kasus positif jauh lebih tinggi daripada penambahan kesembuhan setiap harinya.

Namun, perkembangan pada beberapa hari terakhir menunjukkan gap yang semakin kecil antara penambahan kasus positif dengan penambahan kesembuhan.

“Hal ini sejalan dengan apa yang saya sampaikan pada minggu lalu bahwa tingginya kasus aktif dapat menjadi peluang untuk terus meningkatkan angka kesembuhan,” katanya.

Wiku memaparkan, total kesembuhan mingguan nasional di pekan ini setengahnya dikontribusikan dari DKI Jakarta. Dia mengapresiasi seluruh pemerintah daerah yang bergerak cepat menangani pasien dengan sungguh-sungguh sehingga kesembuhan dapat ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan