Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Mengelola Cuan di Tengah PPKM Darurat

Financial freedom.

Topcareer.id – Tak bisa dipungkiri, adanya Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, memunculkan banyak kekhawatiran masyarakat, baik dari segi kesehatan, aktivitas, dan bahkan finansial.

Terlebih lagi, banyak masyarakat yang mengaku justru memiliki pengeluaran yang lebih sedangkan pemasukan yang didapat terlampau sedikit dari biasanya.

Oleh sebab itu, perencana keuangan, Lolita Setyawati, membocorkan beberapa tips mengelola keuangan selama PPKM, khusunya bagi para kaum milenial. Berikut informasinya.

Buat anggaran keuangan
Sebaiknya kita membuat rencana anggaran selama pelaksanaan PPKM darurat saat ini. Hal ini bertujuan agar kita bisa memantau besaran pemasukan dan pengeluaran serta membuat prioritas, sehingga keuangan akan menjadi lebih terkontrol.

Siapkan dana darurat
Di situasi yang tidak menentu seperti sekarang, menyiapkan dana untuk pengeluaran tidak terduga menjadi sangat penting bagi kita semua. Salah satu cara untuk menyiapkan dana darurat adalah dengan menyisihkan secara rutin dalam bentuk investasi jangka pendek yang mudah dicairkan kapanpun dibutuhkan.

Baca juga: Ingin Dapat Uang saat Tidur? Lakukan 3 Hal Ini

Membatasi pengeluaran
Pengeluaran yang tidak terlalu penting sebaiknya dialokasikan untuk pengeluaran esensial seperti kebutuhan pokok dan kesehatan, terlebih selama PPKM dijalankan. Tujuannya, agar kita dapat memilah alokasi pengeluaran yang tepat dan prioritas.

Hindari berhutang dengan bunga tinggi
Kondisi pandemi yang panjang mengakibatkan adanya ketidakpastian pendapatan. Dengan demikian kemampuan untuk membayar cicilan hutang berbunga tinggi seperti kartu kredit dan pinjaman online, juga menjadi tidak pasti. Dengan menghindari hutang, kita dapat mengerem keinginan untuk berbelanja barang yang tidak dibutuhkan.

Proteksi asuransi diri
Bahaya dari pandemi COVID-19 tidak dapat dianggap remeh, oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mulai memiliki asuransi untuk diri maupun keluarga agar senantiasa terlindungi dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tetaplah menabung dan berinvestasi
Walaupun pada kondisi saat ini kita harus lebih ketat dalam mengatur keuangan, jangan lupakan tujuan keuangan kita di masa depan. Jadi tetaplah menyisihkan dana untuk berinvestasi setiap bulannya.

Menambah pendapatan dari sumber lain
Semenjak hadirnya pandemi, dunia digital semakin diminati masyarakat terlebih generasi milenial, salah satunya untuk berbisnis/mencari uang.

Berjualan atau aktivitas lainnya untuk menerima transaksi pun tentu semakin dimudahkan, terlebih dengan hadirnya beragam platform e-money di Indonesia.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan