Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Jaga Kesehatan Nakes, Pemerintah Mulai Penyuntikan Vaksin Booster

Kementerian Kesehatan. Dok/Setkab.go.idKementerian Kesehatan. Dok/Setkab.go.id

Topcareer.id – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai melakukan penyuntikan vaksin ketiga atau vaksin booster untuk para tenaga medis.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin booster yang digadang bisa membantu dan melindungi nakes di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini, akan dimulai ke sejumlah Guru Besar, agar tidak diragukan lagi manfaatnya.

“Vaksinasi pertama kali ini adalah para senior Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dengan demikian, hal tersebut diharapkan dapat diikuti oleh tenaga kesehatan lainnya tanpa ragu. Dan harapan saya vaksin booster yang ketiga untuk bisa melindungi mereka sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih tenang,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSCM, Jumat (16/7/2021).

Pada kesempatan yang sama, salah satu Guru Besar FKUI Prof. Aman Pulungan yang selesai divaksinasi booster mengaku tidak merasakan efek apapun. Ia meyakini vaksinasi booster dengan vaksin moderna ini dapat meningkatkan kekebalan imunitas tubuh.

Baca juga: WHO Prediksi Vaksin Booster akan Dibutuhkan Setiap Tahun

“Saya sangat yakin dengan vaksin Moderna, (vaksinasi) yang pertama dan kedua itu dengan Sinovac platformnya inactivated virus, kalau ini pakai Moderna dengan platform berbeda. Jadi saya rasa ini yang paling baik,” tegas Prof. Aman.

Terlebih lagi menurutnya, hadirnya varian baru yakni Delta membuat para nakes harus memiliki imunitas tubuh yang lebih kuat, terutama saat menghadapi pasien positif Covid-19 secara langsung.

“Karena kita ini frontliner untuk Nakes jadi kita tentu harusnya lebih terlindungi karena langsung berhadapan dengan pasien positif COVID-19. Jadi kalau saya sarankan seluruh Nakes jangan ragu-ragu sesegera mungkin kalau ada kesempatan untuk dapat diimunisasi yang ketiga,” tambahnya.

Perlu diketahui, vaksin Moderna yang dipakai ini menggunakan platform mRNA-1273 yang berisi gen pengkode protein antigen milik virus corona jenis baru bernama Spike. Sehingga dipercaya mampu melindungi tubuh dari varian Delta yang diklaim memiliki penularan 3 kali lipat dibanding virus Covid varian sebelumnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan