Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Singapura Minta Warganya yang Belum Vaksin untuk di Rumah Saja

Warga Singapura. (dok. Anadolu)

Topcareer.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura pada Minggu (18/7/2021) mengimbau individu, terutama lansia, yang belum divaksinasi Covid-19 untuk “sebisa mungkin tinggal di rumah” dalam beberapa minggu ke depan dan menghindari keluar rumah untuk alasan yang tidak penting.

“Mengingat meningkatnya kekhawatiran atas potensi penyebaran komunitas, kami sangat menyarankan individu yang tidak divaksinasi, terutama orang tua, untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin selama beberapa minggu ke depan,” kata Kemenkes Singapura, dikutip dari Channel News Asia.

“Kami mendesak anggota masyarakat untuk menjangkau kerabat lanjut usia atau tetanggamu yang tetap tidak divaksinasi untuk melihat bantuan apa yang mungkin mereka butuhkan, misalnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari.”

Kementerian mengatakan “sangat prihatin” bahwa orang tua, beberapa di antaranya tetap tidak divaksinasi, yang mungkin bisa terinfeksi di wet market, di mana klaster COVID-19 telah terdeteksi dalam beberapa hari terakhir.

Ini terjadi setelah empat manula yang tidak divaksinasi ditemukan termasuk di antara kasus Covid-19 baru yang dilaporkan pada hari Minggu.

“Sifat wet market yang keropos membuat pelacakan kontak dan isolasi menjadi kurang mudah. Kami sangat prihatin bahwa wet market ini melayani berbagai pelanggan, termasuk lansia yang rentan, beberapa di antaranya tetap tidak divaksinasi. Mereka mungkin terinfeksi, dan dapat menderita gejala parah,” kata Depkes.

Itu juga menyatakan keprihatinan bahwa mungkin ada “rantai transmisi samar” yang dapat terus menyebarkan COVID-19 di dalam komunitas.

Depkes mengatakan mereka menemukan klaster di dua pasar – Pasar & Pusat Makanan Hong Lim dan Pasar & Pusat Makanan Chong Boon – serta kasing di Pusat Makanan Jalanan Amoy dan Pusat Makanan & Pasar Chong Pang.

Baca juga: WHO Minta China Sediakan Data Mentah Tentang Asal-Usul Pandemi

Orang-orang di Pasar Basah Whampoa, Telok Blangah Crescent Block 11, Pasar Taman Jurong, Pasar Redhill, Pasar Melayu Geylang Serai, Pasar Geylang Bahru, Pasar 527 Ang Mo Kio, Pasar Basah 726 West Coast dan Pasar Basah Bukit Timah telah dites positif melalui antigen rapid tes (ART), kata Depkes.

“Semuanya sejak itu dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 dengan pengujian reaksi berantai polimerase (PCR).”
Kemenkes mengatakan bahwa mereka yang memiliki lansia yang tidak divaksinasi di rumah harus menghindari tempat ramai atau interaksi sosial yang luas, bahkan jika mereka sudah divaksinasi.

“Ingat orang yang divaksinasi masih dapat terinfeksi, meskipun biasanya dengan gejala yang sangat ringan,” kata Menteri Keuangan Lawrence Wong, ketua bersama gugus tugas multi-kementerian COVID-19, mengatakan dalam sebuah posting Facebook.

Lansia yang belum mendapatkan vaksinasi disarankan untuk melakukannya sesegera mungkin. Mr Wong mendesak masyarakat untuk terus melakukan bagian mereka ketika keluar, termasuk mempraktikkan jarak aman dan kebersihan pribadi yang baik.

“Dengan meminimalkan pergerakan dan interaksi sosial, kamu akan mengurangi risiko tertular virus dan mengembangkan penyakit parah. Tolong tetap lakukan semua tindakan pencegahan ini sampai Anda divaksinasi sepenuhnya.”

Tinggalkan Balasan