Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ahli dari UGM Berbagi Tips Sehat Konsumsi Daging

Daging merah segar. (Food Navigator)

Topcareer.id – Hari Raya Idul Kurban kerap diasumsikan dengan “pesta daging” bagi warga Indonesia. Beberapa orang mengisi kesempatan ini dengan konsumsi daging dengan jumlah lebih banyak. Namun, berlebihan makan daging tentu tidak baik untuk kesehatan.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Aviria Ermamilia membagikan sejumlah tips yang bisa diikuti agar tubuh tetap sehat saat mengonsumsi daging di hari raya kurban.

Aviria menyampaikan salah satu poin yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daging adalah mengontrol porsi makan daging. Sebaiknya konsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan.

Lalu, memilih bagian daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu, kata dia, minimalkan mengolah daging pada bagian jeroan maupun gajih.

Baca juga: Dalam Sehari, Kapan Waktu Terbaik Memeriksa Tekanan Darah?

“Pastikan memasak daging hingga benar-benar matang dan olah secara beragam setiap harinya,” kata Aviria dikutip dari laman resmi UGM, Rabu (21/7/2021).

Sementara itu, teknik pengolahan daging yang disarankan yakni dengan direbus atau dikukus. Minimalkan mengolah daging dengan cara digoreng karena akan menambah kadar lemak.

“Minimalkan juga memasak dengan dibakar karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu kanker,” ujar dia.

Ia pun merekomendasikan konsumsi daging dilakukan bersama dengan konsumsi sayur dan buah yang cukup agar berimbang.

Tinggalkan Balasan