Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Dalam Sehari, Kapan Waktu Terbaik Memeriksa Tekanan Darah?

Dok/The New York Times

Topcareer.id – Memeriksa tekanan darah setiap hari bisa menjadi cara yang bagus untuk memantau kesehatanmu. Jika kamu berencana untuk mulai memantau di rumah, penting untuk memeriksanya dengan seakurat mungkin.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pembacaan tekanan darah yang akurat adalah mengukur pada waktu yang sama setiap hari. Waktu yang tepat tergantung pada kamu dan jadwalmu.

Kapan harus memeriksa tekanan darah?

Mengutip Healthline, tekanan darah berubah sepanjang hari. Umumnya akan lebih rendah saat kamu pertama kali bangun dan akan semakin tinggi saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena tekanan darah berubah sepanjang hari, ada baiknya untuk melakukannya setidaknya dua kali. Mengambil tekanan darah beberapa kali sepanjang hari memastikan kamu mendapatkan pembacaan yang akurat.

Memilih waktu yang cocok

Memeriksa tekanan darahmu pada waktu yang sama setiap hari adalah kunci untuk memahami tekanan darahmu. Ini dapat membantu memastikan bahwa bacaan yang kamu ambil tidak terpengaruh oleh peristiwa harianmu.

Kamu dapat memilih waktu ketika kamu tahu akan berada di rumah dan tidak akan terganggu. Misalnya, kamu dapat memeriksa tekanan darah sebelum berangkat kerja, saat pulang kerja, dan sebelum tidur.

Baca juga: Yuk, Stop Makan Junk Food, Begini Caranya

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemeriksaanmu

Ada beberapa aturan umum yang harus diperhatikan dalam menentukan waktu pemeriksaan tekanan darah. Misalnya, bukan ide yang baik untuk mengukur tekanan darah segera setelah kamu bangun, karena ini akan memberikan hasil tekanan terendah. Sebaliknya, cobalah untuk memeriksanya ketika kamu sudah bangun selama sekitar setengah jam.

Sebaiknya jangan menunggu sampai setelah sarapan dan kopi pagimu karena makanan dan kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Idealnya, tekanan darah pagi hari dapat dilakukan setelah kamu menyikat gigi, mandi, dan berpakaian, tetapi sebelum kamu makan atau berangkat kerja.

Makanan dan kafein bukan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan tekanan darah melonjak. Ada beberapa hal sehari-hari lainnya yang bisa membuat tekanan darahmu naik.

Tidak peduli jam berapa kamu mengukur tekanan darah, yang terbaik adalah menghindari hal-hal ini setidaknya setengah jam sebelum mengecek tekanan darah:

  • Merokok atau menggunakan tembakau
  • Berolahraga
  • Mengonsumsi alkohol

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengukur tekanan darah dengan kandung kemih yang baru saja dikosongkan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan