Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Spyware Pegasus dari Israel Incar Smartphone Para Jurnalis untuk Di-Hack

Topcareer.id – Sebuah perusahaan spyware asal Israel berhasil meretas 37 smartphone milik jurnalis, pejabat pemerintah dan aktivis hak asasi manusia di seluruh dunia.

Hal ini menurut penyelidikan oleh 17 organisasi media yang diterbitkan pada hari Minggu (18/7).

The Washington Post mengatakan spyware Pegasus yang dilisensikan oleh NSO Group yang berbasis di Israel juga digunakan untuk menargetkan ponsel milik dua wanita yang dekat dengan Jamal Khashoggi, seorang kolumnis Post yang dibunuh di konsulat Saudi di Turki pada 2018.

The Guardian mengatakan penyelidikan tersebut mengarah pada penyalahgunaan yang meluas dan berkelanjutan dari perangkat lunak peretasan NSO.

Malware dari NSO akan menginfeksi smartphone untuk memungkinkan ekstraksi pesan, foto, dan email; merekam panggilan; dan diam-diam mengaktifkan mikrofon.

NSO mengatakan produknya dimaksudkan hanya untuk intelijen pemerintah dan penegak hukum untuk memerangi terorisme dan kejahatan.

Perusahaan mengeluarkan pernyataan di situs webnya yang menyangkal pelaporan oleh 17 mitra media yang dipimpin oleh jurnalisme nonprofit Forbidden Stories yang berbasis di Paris.

“Laporan oleh Forbidden Stories penuh dengan asumsi dan teori yang salah dan menimbulkan keraguan serius tentang keandalan dan kepentingan sumber. Sepertinya ‘sumber tak dikenal’ telah memberikan informasi yang tidak memiliki dasar faktual dan jauh dari kenyataan,” kata perusahaan dalam pernyataannya.

“Setelah memeriksa klaim mereka, kami dengan tegas menyangkal tuduhan palsu yang dibuat dalam laporan mereka,” kata pernyataan itu.

NSO mengatakan teknologinya tidak terkait dengan pembunuhan Khashoggi.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok hak asasi Amnesty International mengecam kurangnya regulasi pengawasan perangkat lunak.

Nomor telepon yang ditargetkan ada dalam daftar yang disediakan oleh Forbidden Stories and Amnesty International kepada 17 organisasi media.

Angka-angka dalam daftar itu tidak dikaitkan, tetapi jurnalis The Washington Post mengidentifikasi lebih dari 1.000 orang yang tersebar di lebih dari 50 negara.

Mereka termasuk beberapa anggota keluarga kerajaan Arab, setidaknya 65 eksekutif bisnis, 85 aktivis hak asasi manusia dan 189 jurnalis.

Selain itu ada lebih dari 600 politisi dan pejabat pemerintah termasuk beberapa kepala negara dan perdana menteri.

Baca juga: Microsoft Tuding Israel Jual Alat untuk Meretas Windows

The Guardian mengatakan jumlah lebih dari 180 jurnalis terdaftar dalam data, termasuk wartawan, editor dan eksekutif di Financial Times, CNN, New York Times, Economist, Associated Press (AP) dan Reuters.

“Kami sangat sedih mengetahui bahwa dua jurnalis AP, bersama dengan jurnalis dari banyak organisasi berita, termasuk di antara mereka yang mungkin menjadi sasaran spyware Pegasus,” kata Direktur Hubungan Media AP Lauren Easton.

“Kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan perangkat jurnalis kami dan sedang menyelidikinya,” tambahnya.

“Wartawan harus diizinkan untuk melaporkan berita demi kepentingan publik tanpa takut akan pelecehan atau bahaya, di mana pun mereka berada. Kami mengetahui laporan tersebut dan sedang menyelidiki masalah ini,” tambah Juru bicara Reuters Dave Moran.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply