Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Menkes Buru 3 Obat Terapi Covid-19 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Remdesivir.

Topcareer.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya memnuhi kebutuhan obat terapi Covid-19. Saat ini, terdapat tiga jenis obat terapi yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri, yaitu Remdesivir, Actemra, dan Gammaraas.

“Ini adalah obat-obatan yang di seluruh dunia juga sedang short supply karena semua orang membutuhkan obat-obat ini,” kata Menkes dalam keterangan pers, Senin (26/7/2021).

Menkes lebih lanjut mengatakan, untuk Remdesivir, pada bulan Juli ini akan tiba sebanyak 150 ribu vial, kemudian di bulan Agustus akan tiba sebanyak 1,2 juta vial. Namun, kata dia, saat ini Indonesia sendiri sedang dalam proses untuk bisa membuat Remdesivir di dalam negeri.

Kemudian untuk Actemra, selain seribu vial yang direncanakan tiba pada bulan ini, pemerintah juga berupaya terus mendatangkan lebih banyak pasokan dari sejumlah negara.

Baca juga: Menko Luhut Ungkap Faktor Penyebab Angka Kematian Covid-19 Tinggi

“Agustus kita akan mengimpor 138 ribu dari negara-negara yang mungkin teman-teman tidak membayangkan kita akan impor dari negara-negara tersebut, karena kita cari ke seluruh pelosok dunia mengenai Actemra ini,” ujar Budi.

Sementara untuk Gammaraas, lanjut Menkes, pihaknya akan mengimpor 26 ribu di bulan Juli ini dan 27 ribu di bulan Agustus. Ia mengatakan, obat-obatan ini akan datang secara bertahap sehingga diharapkan Agustus ini pendistribusian sudah lebih baik.

Mengakhiri keterangan persnya, Budi mengingatkan bahwa obat terapi Covid-19 hanya boleh diberikan dengan resep dokter.

“Untuk tiga obat seperti Gammaraas, Actemra, dan Remdesivir itu harus disuntikkan dan hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Jadi tolong biarkan obat-obatan ini dikonsumsi sesuai dengan prosedurnya,” tegasnya.

Leave a Reply