Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Tidur Malam? Jawabannya Tergantung Umur

Topcareer.id – Kamu pikir kamu sudah memiliki jam tidur malam yang cukup, namun masih saja tertidur saat siang hari. Mungkin pertanyaan yang mengusikmu salah satunya, berapa jam waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur?

Menurut Dr. Raj Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis di divisi paru, perawatan kritis dan obat tidur di Keck School of Medicine dari University of Southern California, kebutuhan tidur sangat individual.

Tetapi, ia menambahkan, rekomendasi umum adalah tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Namun, rekomendasi benar-benar berubah seiring bertambahnya usia.

“Kebutuhan tidur bervariasi tergantung umur,” kata Christina Chick, seorang sarjana postdoctoral dalam ilmu psikiatri dan perilaku di Stanford University, dikutip dari laman CNN.

Tidur untuk anak-anak dan remaja

Jika rasanya seperti bayi tidur sepanjang hari, mereka cukup tidur. Pada tahun pertama kehidupan, bayi bisa tidur 17 hingga 20 jam sehari, kata Dasgupta. Bayi 4 bulan hingga 12 bulan membutuhkan 12 hingga 16 jam tidur, termasuk tidur siang, menurut Chick.

Balita, yang berusia antara 1 dan 3 tahun, harus tidur selama 11 hingga 14 jam, menurut Dr. Bhanu Kolla, profesor psikiatri dan psikologi di Mayo Clinic dengan minat khusus pada tidur.

Ia mengatakan, anak-anak usia 3 hingga 5 tahun harus tidur selama 10 hingga 13 jam, dan dari usia 6 hingga 12 tahun, mereka harus tidur selama sembilan hingga 12 jam. Untuk anak-anak hingga usia 5 tahun, rekomendasi tidur ini termasuk tidur siang, kata Chick.

Baca juga: Seberapa Penting Peregangan Setelah Olahraga?

Kolla menyampaikan, remaja harus tidur delapan sampai 10 jam. Rekomendasi ini telah memicu perdebatan dalam beberapa tahun terakhir tentang waktu mulai sekolah.

“Saat anak-anak beranjak remaja, mereka secara alami lebih suka tidur lebih lambat dan bangun lebih lambat. Inilah mengapa waktu mulai sekolah menjadi fokus perdebatan yang penting: Jika kamu tidak bisa tidur sampai larut, tetapi waktu mulai sekolahmu tetap sama, kamu akan kurang tidur,” kata Chick.

Tidur untuk mahasiswa dan orang dewasa

Dasgupta dan Kolla sependapat bahwa tujuh sampai sembilan jam tidur adalah yang terbaik untuk orang dewasa, meskipun Kolla menambahkan bahwa orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih baik dalam mengatasi beberapa kurang tidur.

Sebagai pengecualian, orang dewasa muda mungkin membutuhkan sembilan jam atau lebih secara teratur karena otak mereka masih berkembang, kata Chick. Dan orang dewasa dari segala usia mungkin juga membutuhkan sembilan jam atau lebih ketika pulih dari cedera, penyakit, atau utang tidur.

Ada juga “varian alami,” kata Kolla, merujuk pada beberapa orang yang membutuhkan lebih dari 10 jam tidur dan yang lain kurang dari empat jam dan berfungsi secara normal.

Jika kamu bertanya-tanya apakah itu penting jika seseorang tergolong pada early bird atau night owl, Chick mengatakan itu tergantung pada “apakah gaya hidupmu kompatibel” dengan preferensimu.

“Jika kamu seorang night owl, tetapi pekerjaan mengharuskanmu berada di kantor pada jam 7 pagi, ketidaksejajaran ini kurang ideal untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Tapi itu akan sama bermasalahnya bagi orang pagi yang bekerja shift malam,” tulisnya dalam email.**(Feb)

Tinggalkan Balasan