Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Lho Manfaat Luar Biasa Pergi-Pulang Kantor dengan Bersepeda

Topcareer.id – Pergi pulang kantor pakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dirasa jadi pilihan paling nyaman memang. Tapi, jika bicara berkendara di kota besar seperti Jakarta, menemui macet dan biaya bensin yang tak sedikit (jika diakumulasi) seperti menambah stres bagi pekerja.

Naik transportasi umum juga pilihan, ada KRL, bis, angkot hingga MRT. Tapi beberapa di antaranya juga memiliki sejumlah kendala ketika beroperasi. Bagaimana jika bersepeda?

Menurut sebuah studi baru, bersepeda ke tempat kerja mungkin menurunkan peluang kematian lebih cepat.

Sebuah studi bersama yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Otago, Wellington, University of Melbourne dan University of Auckland menemukan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki risiko kematian yang lebih rendah karena manfaat kesehatan dari aktivitas fisik.

Seperti dilansir dari laman The Ladders, studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology, mengatakan bahwa pekerja yang memilih mengayuh sepeda ke tempat kerja memiliki penurunan angka kematian sebesar 13%.

Angka itu merupakan penurunan yang signifikan karena mereka yang berjalan atau mengambil pilihan transportasi umum tidak memiliki perbedaan dalam tingkat kematian.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari Studi Sensus-Kematian Selandia Baru, para peneliti menggunakannya sebagai batu pengaturan untuk melihat studi populasi selama tiga hingga lima tahun setelah tiga sensus pada tahun 1996, 2001, dan 2006.

Responden ditanya tentang metode perjalanan mereka untuk bekerja pada setiap hari sensus, khususnya untuk jarak terbesar.

Baca juga: Seberapa Penting Peregangan Setelah Olahraga?

Peneliti utama Dr. Caroline Shaw dari University of Otago, Wellington mengatakan studi ini menganalisis 3,5 juta orang Selandia Baru dan menemukan bahwa 80% orang di Selandia Baru pulang-pergi dengan mobil pada hari sensus, sementara hanya 8% yang memilih metode aktivitas fisik seperti berjalan kaki (5%) dan bersepeda (3%).

Meskipun merupakan minoritas, peneliti menemukan bahwa pengendara sepeda memiliki penurunan 13% dalam tingkat kematian dini dibandingkan dengan pekerja lain yang memutuskan untuk pergi bekerja dengan menyetir. Bersepeda juga mencegah penyakit dan memberikan manfaat lingkungan.

“Berjalan ke tempat kerja memiliki manfaat kesehatan terkait aktivitas fisik selain pengurangan kematian – termasuk pencegahan penyakit kardiovaskular dan diabetes. Dan menggunakan transportasi umum memiliki manfaat memancarkan lebih sedikit karbon,” kata Shaw dalam The Ladders.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa Inggris menemukan bahwa pengendara sepeda 15% lebih sedikit meninggal karena sebab apapun. Penelitian tambahan yang meneliti pria dan wanita Denmark menemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur menurunkan risiko serangan jantung setidaknya 11%.**(Feb)

Leave a Reply