Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Makanan yang Bisa Bikin Cepat Ubanan

Ilustrasi. (dok. The List)

Topcareer.id – Kita semua menyadari bahwa uban tumbuh seiring dengan bertambahnya umur. Namun, uban ini juga sering tumbuh prematur atau lebih dini. Biasanya ini bisa disebabkan oleh faktor genetika atau stres.

Kamu mungkin perlu tahu juga bahwa uban prematur juga bisa terbentuk dari makanan tertentu jika dimakan terlalu sering. Melansir Ladders, berikut makanan pemicu penumbuhan uban lebih dini.

1. Jeruk

Jeruk umumnya bagus untuk karena kaya akan vitamin C, memiliki kandungan air yang tinggi, dan mengandung gula yang sehat. Namun jika dimakan secara berlebihan, salah satu bahan khusus dalam jeruk (di antara buah jeruk lainnya) diketahui dapat menghambat asupan mineral tertentu yang dapat mencegah rambut beruban.

Para peneliti menemukan bahwa bahan dalam jeruk ini, yang disebut asam askorbat, diketahui menghalangi penyerapan tembaga. Kadar tembaga yang rendah kemudian, membuat rambut beruban. Tidak perlu berhenti makan jeruk, cukup seimbangkan dengan makanan dengan kadar tembaga yang cukup, seperti minyak ikan atau daging merah.

2. Telur

Makanan lain yang mungkin menyebabkan uban adalah telur (tetapi kebanyakan mentah). Menurut Science Direct, telur mentah dapat menjadi penyebab utama kekurangan biotin, karena mereka mencegah sistem pencernaan seseorang menyerap biotin.

Baca juga: 10 Buah Yang Sebaiknya Dihindari Jika Menderita Diabetes (Bagian 1)

Biokimia di balik factoid yang menarik ini adalah avidin, protein yang ditemukan dalam putih telur khususnya, memiliki ikatan dengan biotin dan mencegahnya diserap. Avidin ditemukan di semua putih telur, apakah itu telur ayam, puyuh, atau lainnya, dan paling sering muncul dalam telur mentah.

3. Alkohol

Secara khusus, alkohol dapat mengganggu penyerapan vitamin B yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut yang baik, yaitu B-12. Sebuah studi tahun 2004 dari Penn State menunjukkan bahwa minum satu ons alkohol per hari selama dua bulan dapat secara drastis menurunkan kadar B-12.

Sering dikatakan bahwa kekurangan B-12 adalah salah satu penyebab utama uban prematur dan jika dikonsumsi dalam bentuk tambahan, rambutmu mungkin berhenti berubah warna, dan bahkan kembali ke warna semula.

4. Kacang-kacangan

Sebuah studi tahun 2016 tentang uban prematur pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun mencatat bahwa kadar feritin yang rendah, sejenis zat besi, sangat berkontribusi pada uban. Di dalam tubuh, feritin dapat diblokir dari penyerapan oleh asam fitat, yang dapat ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, atau, ya, kacang-kacangan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan