Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Bulan Ini, Kemnaker Bakal Berangkatkan 271 PMI Ke Jepang

Sumber foto: gadventures.comSumber foto: gadventures.com

Topcareer.id – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal memberangkatkan 271 warga Indonesia ke Jepang untuk bekerja sebagai Nurse dan Careworker.

Keberangkatan ratusan warga Indonesia ini dalam rangka program Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) Batch XIV, tahun 2021.

“Direncanakan akan diberangkatkan ke Jepang sebanyak 271 orang, terdiri dari 8 kandidat nurse (kangoshi) dan 263 kandidat careworker (kaigofukushishi),” ujar Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Kemnaker, Suhartono, di Jakarta, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: Solusi Bagi Penerima BSU yang Tak Punya Rekening Himbara

Menurut Suhartono, saat ini permohonan visa kandidat nurse dan kandidat careworker program IJEPA Batch XIV sedang dalam peninjauan. Selanjutnya, setelah disetujui tanggal masuk ke Jepang tersebut, akan dikomunikasikan secara resmi melalui note verbal.

Meski kuota IJEPA tahun ini menurun dari tahun lalu yakni 295 orang, namun ia berharap hal ini dapat ditingkatkan lagi di tahun depan.

“Kami berharap kerja sama penempatan PMI ke Jepang dalam program IJEPA dapat ditingkatkan, baik dalam penambahan kuota penempatan PMI sebagai kandidat Nurse dan kandidat Careworker, maupun dalam perluasan sektor penempatan PMI di bawah program IJEPA,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, pemerintah Indonesia dan Jepang telah intens menjalin kerja sama yang sangat baik, khususnya dalam penempatan PMI dan pemagangan ke Jepang. Dalam penempatan PMI, kerja sama kedua pemerintah telah terjalin dalam dua program, yaitu program IJEPA dan Specified Skilled Worker (SSW) atau pekerja berketerampilan khusus.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan