Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bagaimana Cara Membantu Teman yang Sedang Depresi? (Bagian 2)

Topcareer.id – Di seluruh dunia, lebih dari 300 juta orang dewasa dan anak-anak hidup dengan kondisi depresi. Apakah kamu memiliki teman yang tengah mengalami kondisi ini? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan perlu dihindari jika ingin membantu temanmu yang sedang depresi.

Beberapa gejala jika temanmu mengalami depresi di antaranya: tampak sedih atau menangis, tampak lebih pesimis dari biasanya atau putus asa tentang masa depan, berbicara tentang perasaan bersalah, kosong, atau tidak berharga, mudah marah, tampak lesu. Mengutip Healthline berikut tips membantu teman yang sedang depresi.

5. Pelajari sendiri tentang depresi

Kamu dapat berbicara dengan temanmu tentang gejala spesifik mereka atau bagaimana perasaan mereka, tetapi hindari meminta mereka untuk memberi tahumu tentang depresi secara umum. Baca sendiri gejala, penyebab, kriteria diagnostik, dan perawatannya.

Meskipun orang mengalami depresi secara berbeda, mengenal gejala dan istilah umum dapat membantumu melakukan percakapan yang lebih mendalam dengan temanmu.

6. Tawarkan bantuan untuk tugas sehari-hari

Dengan depresi, tugas sehari-hari bisa terasa luar biasa. Hal-hal seperti belanja bahan makanan, atau membayar tagihan dapat mulai menumpuk, sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Temanmu mungkin menghargai tawaran bantuan, tetapi mereka juga mungkin tidak dapat mengatakan dengan jelas apa yang mereka butuhkan.

Jadi, baiknya jangan mengatakan “Beri tahu saya jika ada yang bisa saya lakukan,” pertimbangkan untuk mengatakan, “Apa yang paling kamu butuhkan untuk membantu hari ini?”

Baca juga: Camilan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes (Bagian 1)

7. Mendorong tetap terkoneksi

Orang yang hidup dengan depresi mungkin mengalami kesulitan menjangkau teman dan membuat atau menjaga rencana. Rencana hangout yang dibatalkan bisa berujung pada peningkatan isolasi. Perasaan ini dapat memperburuk depresi.

Kamu dapat membantu meyakinkan temanmu dengan terus memperluas koneksinya atau undangan hangout meski kamu tahu mereka tidak akan menerimanya.

8. Sabar

Depresi biasanya membaik dengan pengobatan, tetapi bisa menjadi proses yang lambat yang melibatkan beberapa percobaan dan kesalahan. Mereka mungkin harus mencoba beberapa pendekatan konseling atau pengobatan yang berbeda sebelum mereka menemukan satu yang membantu gejala mereka.

Sementara itu, mereka mungkin akan mengalami hari-hari baik dan hari-hari buruk. Hindari menganggap hari yang baik berarti mereka “sembuh,” dan cobalah untuk tidak frustrasi jika serangkaian hari buruk membuatnya tampak seperti temanmu tidak akan pernah membaik.**(Feb)

Tinggalkan Balasan