Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerja Full Time Jarak Jauh atau Hybrid, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Gaya kerja baru, digital nomadGaya kerja baru, digital nomad (sumber: Forbes)

Topcareer.id – Ketika orang kembali ke kantor, tidak semua orang yakin mereka ingin melanjutkan pekerjaan langsung di kantor lima hari seminggu. Sebuah survei oleh Accenture menemukan bahwa 83% responden menganggap pengaturan kerja campuran (kantor dan di rumah) adalah “optimal.”

Dan meskipun banyak orang lebih suka jadwal hybrid, itu tidak berlaku untuk semua orang. Beberapa pekerja telah mengetahui bahwa pekerjaan jarak jauh adalah pilihan yang tepat bagi mereka dan lebih suka melakukannya untuk jangka panjang. Mungkin kamu malah bingung, sistem kerja apa yang tepat untukmu.

Pro sistem kerja hybrid

Salah satu kelebihan terbesar dari pekerjaan hibrida adalah yang terbaik dari kedua dunia bagi mereka yang menikmati kantor. Kamu mendapatkan beberapa manfaat menjadi pekerja jarak jauh sambil juga mempertahankan keuntungan dari pekerjaan tatap muka.

Misalnya, jika kamu suka bertemu tatap muka dengan rekan kerja atau hiruk pikuk kehidupan kantor, kamu masih dapat memiliki hal-hal ini di tempat kerja hibrida tanpa harus bolak-balik setiap hari

Kontra tempat kerja hibrida

Kontra tempat kerja hybrid termasuk kurangnya visibilitas. Meskipun kamu masih mendapatkan waktu tatap muka dengan rekan kerja dan penyelia, kamu tidak mendapatkan sebanyak itu seperti ketika kamu bekerja di kantor penuh waktu.

Beberapa orang takut bahwa mereka mungkin diabaikan untuk kenaikan gaji dan promosi karena mereka tidak yakin bagaimana membuat pekerjaan mereka diperhatikan.

Pro full kerja jarak jauh

Salah satu kelebihan kerja jarak jauh secara full yang paling umum adalah soal kebebasan dan fleksibilitas. Banyak pekerja jarak jauh menemukan bahwa mereka memiliki kendali penuh atas jadwal mereka dan bekerja kapan pun yang terbaik bagi mereka.

Baca juga: Melamar Kerja, Perlukah Menggunakan Alat Pembuat Resume?

Pro pekerjaan jarak jauh penuh waktu lainnya termasuk bahwa banyak pekerja melaporkan bahwa mereka adalah karyawan yang lebih produktif dan efisien.

Kontra pekerjaan jarak jauh penuh waktu

Ketika kamu bekerja dari jarak jauh penuh waktu, kamu harus bertanggung jawab penuh atas diri sendiri dan tugas-tugasmu. Di sebagian besar tempat kerja jarak jauh, karyawan bekerja di lingkungan yang berorientasi pada hasil dan motivasi diri. Bagi mereka yang berjuang untuk tetap pada tugas, lingkungan yang jauh mungkin tidak cocok.

Kontra lainnya termasuk masalah komunikasi jarak jauh yang umum, seperti mencoba berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pekerja di beberapa zona waktu. Juga, mereka yang tidak nyaman membicarakan pencapaian mereka mungkin merasa sulit untuk maju secara profesional.

Mana yang cocok denganmu?

Seperti yang ditunjukkan oleh pandemi, banyak pekerjaan dapat dilakukan hampir dari mana saja. Tetapi, jika kamu mencoba memutuskan antara pekerjaan hybrid atau full jarak jauh, dengan bertanya pada diri sendiri di mana kamu ingin bekerja mungkin tidak akan membantumu mengetahuinya.

Sebaliknya, cobalah bertanya pada diri sendiri, “Di mana saya paling produktif?” Pada akhirnya, tempatmu bekerja tidak sepenting menyelesaikan pekerjaan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan