Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Bocoran! Cuma Warga Kategori Ini yang Dapat Jatah Vaksin Moderna

Ilustrasi vaksin. Dok/SHRM

Topcareer.id – Pemerintah Indonesia mengatakan telah menerima hibah 8 juta dosis vaksin COVID-19 merek Moderna dari Covax Facility. Karena masih terbatas, pemerintah pun berencana menggunakan 8 juta vaksin ini untuk beberapa kategori orang saja.

“Kami mengimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan vaksin merek Moderna sebagai dosis ketiga hanya kepada nakes. Selain untuk nakes, vaksin COVID-19 Moderna juga diperuntukkan bagi publik, khususnya ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid, yang belum pernah mendapatkan vaksinasi sama sekali,” tutur Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, Jumat (13/8/2021).

Lebih lanjut, Siti mengatakan untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes dapat menggunakan vaksin dengan platform yang berbeda (Moderna), dengan interval minimal pemberian vaksinasi dosis ketiga adalah 3 bulan setelah dosis kedua diberikan.

Baca juga: Pemerintah Tegaskan Vaksinasi Bukan Syarat Masuk Tempat Ibadah

Sementara khusus bagi masyarakat yang belum pernah menerima vaksinasi, vaksin COVID-19 Moderna diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 4 minggu.

Selain itu, hingga saat ini vaksin moderna juga menjadi salah satu vaksin yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Sehingga pemerintah mengimbau agar memprioritaskan ibu hamil pada daerah risiko tinggi untuk mendapatkan vaksin ini.

“Vaksinasi bagi ibu hamil yang direkomendasikan selain Moderna adalah Pfizer dan Sinovac sesuai ketersediaan. Untuk pemberian dosis satu vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin yang diberikan. Misalnya untuk vaksin merek Moderna, interval dosis 1 dan 2 adalah 4 minggu,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan