Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

PT SDM: Kru Indonesia terkenal Profesional, Jujur, dan Teamwork-nya Bagus

Dok/Samudera Indonesia

Topcareer.id – PT Samudera Daya Maritim (SDM) menargetkan dalam 5-10 tahun ke depan harus tumbuh dan melihat banyak potensi ke luar.

Merchant shipping PT SDM memiliki program jangka pendek serta jangka panjang, dan akan terus menjadi partner Samudera Indonesia yang kredibel serta reliabel.

Dalam marine statistic, Indonesia disebut sebagai negara penyedia kru terbanyak ketiga di dunia. PT SDM menargetkan jangka pendek tahunan dimana mereka bisa menyediakan sekitar 800-1000 kru untuk kapal yang dikelola.

“Dari sisi cruise crew kita juga peluangnya besar, dan kita sudah mengalokasikan sekitar 200 orang dari berbagai tingkatan,” ujar Presiden Direktur PT SDM, Ibrahim Kholilul R, PH.D dalam sesi wawancara dengan Topcareer.id belum lama ini.

Angka tersebut merupakan jumlah yang besar bagi perusahaan yang baru mengelola cruise crew, namun jumlah itu sangat kecil jika dibandingkan dengan potensi yang ada.

“Partner kita di Filipina bisa menyalurkan puluhan ribu cruise crew. Target kita awalnya 2021 akan menyalurkan 1000 crew. Namun pandemi memaksa target kita menurun sekitar 100-200 untuk cruise crew dan sekitar 800 untuk merchant shippping crew.”

Baca juga: Capt Suarniati, Nahkoda Wanita Asal Aceh Pendobrak Diskriminasi Gender

Peningkatan daya saing oleh PT SDM

Menurut Ibrahim, kru Indonesia terkenal profesional, jujur, dan teamworknya bagus, namun banyak dari mereka enggan mengambil risiko untuk berkembang.

Jadi perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan daya saing kru kapal terutama untuk tim cruise crew dalam aspek kepercayaan diri, aspek profesional, serta aspek compliance.

Ibrahim selalu menyampaikan kepada setiap cruise crew bahwa kapal pesiar adalah miniatur dunia. Setiap kru wajib berjuang dan bersaing, karena Indonesia dinilai dari keberadaan kru di sana.

“Sekalipun kamu hanya penyapu lantai di kapal cruise, tetap lakukanlah secara profesional, jadi kamu bisa terlihat baik dan segera dipromosikan, dan ketika promosi itu tiba segera ambil kesempatan tersebut,” tutur Ibrahim.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan