Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan Rekan Kerja

Tisp bekerja dengan rekan kantor yang nyebelin.Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Di dunia kerja, persaingan adalah hal yang biasa. Oleh sebab itu, tak jarang akhirnya kita dimanfaatkan oleh rekan kerja demi keuntungan mereka sendiri, baik agar pekerjaan mereka cepat terselesaikan atau justru mencari muka ke atasan.

Nah kira-kira apa saja sih tanda-tanda kamu dimanfaatkan oleh rekan kerja? Simak artikel di bawah ini sampai habis ya.

Tambahan pekerjaan
Diminta untuk mengerjakan tugas rekan kerja kamu, padahal kerjaan sendiri aja belum selesai? Waspada hal ini mungkin langkah awal untuk dia memanfaatkan kamu. Sebagai rekan kerja yang baik seharusnya dia melihat dulu beban kerja kamu, jika dirasa kamu sudah senggang, barulah dia meminta bantuan bukannya meminta kita untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya.

Baca juga: Cara Menghormati Rekan Kerja di Kantor

Tidak ada rasa terima kasih
Ya, terkadang memang kita tidak boleh menutup mata dengan pekerjaan teman kita. Selama kita masih bisa membantu dan masih dalam batas wajar, silahkan lakukan. Tapi akan sangat aneh jika kita sudah membantu, namun tidak ada rasa terima kasih kan? Baik hanya ucapan saja atau mungkin sekedar traktiran makan.

Tidak mendapat pengakuan
Nah, siapa nih yang di sini sering membantu pekerjaan teman tapi jika tugas itu membuahkan hasil, hanya rekan kerja yang meminta bantuan itu yang hanya dipuji? Apalagi hal ini tidak hanya terjadi sekali. Jika kamu pernah merasakan, fiks kamu hanya dimanfaatkan rekan kerja saja.

Dilemparkan kesalahan dan digosipkan
Berhati-hatilah terhadap rekan kerja yang sudah dibantu tetapi malah melemparkan tanggung jawab ketika tugas tersebut bermasalah atau tidak terselesaikan. Terlebih jika dia malah menyebarkan ke orang lain bahwa gara-gara kamu tugas dia jadi berantakan.

Selalu mengeluarkan uang
Pernah enggak sih kamu berkali-kali membayar makan siang rekan kerja kamu? Kalau iya, patut dicurigai nih. Bukannya pelit, namun sesama pekerja seharusnya tidak begitu. Traktiran makan bisa kamu berikan kalau ada acara-acara khusus atau ungkapan terima kasih atas bantuan rekan kerja. Tapi jika mentraktir hingga 3-5 kali dalam seminggu, berarti kamu hanya dimanfaatkan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan