Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Tesla Berencana Bangun Robot Humanoid, Secanggih Apa?

Robot humanoid garapan tesla. (Tesla)

Topcareer.id – CEO Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa perusahaannya akan membangun robot humanoid yang disebut Tesla Bot. Bakal seperti apa ya?

“Kami juga pandai dalam sensor dan baterai dan kami mungkin akan memiliki prototipe tahun depan yang terlihat seperti ini,” kata Musk, tak lama setelah seorang aktor dalam setelan tubuh yang dirancang agar terlihat seperti robot Tesla berputar liar di atas panggung.

Dia mengatakan bahwa aktor itu bukan robot sungguhan, tetapi “Tesla Bot akan menjadi nyata,” kata dia, dikutip dari laman CNBC.

Pengumuman ini dibuat sebagai bagian dari AI Day, serangkaian pembicaraan teknologi yang diselenggarakan oleh Tesla di California untuk merekrut bakat dalam machine learning.

Elon Musk mengumumkan bahwa Tesla sedang mengerjakan produk-produk menarik yang dijadwalkan selama bertahun-tahun ke depan untuk memberi energi kepada para pendukung termasuk karyawan, pelanggan, dan investor. Seringkali, pengumuman tersebut tidak terjadi pada timeline yang diprediksi.

Misalnya, pada acara ‘Hari Otonomi’ pada April 2019, Musk mengatakan perusahaan akan memiliki 1 juta “robotaxis” otonom di jalan pada tahun 2020. Robotaxis itu tidak terlihat di mana pun.

Pada Oktober 2016, Musk mengadakan acara di halaman belakang Universal Studios di Los Angeles untuk memamerkan produk yang disebutnya Solar Roof. Genteng surya yang dipamerkan ternyata hanya konseptual.

Baca juga: Facebook Hapus Lusinan Akun Misinformasi Soal Vaksin

Jika robot humanoid bekerja dan dapat melakukan tugas berulang yang hanya dapat dilakukan manusia saat ini, Musk mengatakan, ia memiliki peluang untuk mengubah ekonomi dunia dengan menurunkan biaya tenaga kerja.

Namun, Musk memperingatkan bahwa robot itu “mungkin tidak akan berfungsi” pada awalnya. “Ini dimaksudkan untuk menjadi ramah, tentu saja, dan menavigasi melalui dunia manusia, dan menghilangkan tugas-tugas berbahaya, berulang dan membosankan,” kata Musk.

Musk mengatakan robot yang diberi kode nama “Optimus,” didasarkan pada chip dan sensor yang sama dengan yang digunakan mobil Tesla untuk fitur self-driving.

Tingginya lima kaki delapan inci, dan memiliki layar di mana kepala digunakan untuk informasi yang berguna, kata Musk. Tesla sedang merancangnya agar manusia dapat melarikan diri dari robot atau mengalahkannya.

“Slide yang ditampilkan oleh Tesla pada hari Kamis menunjukkan bahwa kamera Autopilot akan dipasang di kepala bot. Ini akan mampu membawa 45 pon, mengangkat 150 pon, dan beratnya 125 pon. Itu bisa berjalan 5 mil per jam,” kata Musk.

Musk mengatakan robot itu tidak dimaksudkan untuk membantu pembuatan Tesla, tetapi Tesla sedang mengembangkan banyak komputer yang dibutuhkan untuk robotika, jadi masuk akal bagi Tesla untuk membuat robot.**(Feb)

Tinggalkan Balasan