Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Manfaat Jus Apel yang Kamu Perlu Tahu

Jus apel. Dok/Waters

Topcareer.id – Apel adalah makanan yang sangat sehat, banyak yang mengonsumsi ini dalam bentuk utuh, maupun jus.

Ketika apel dijus, kualitas hidrasinya dimaksimalkan, dan beberapa senyawa tanaman dipertahankan. Berikut ini 4 manfaat dari minum jus apel.

1) Mendukung hidrasi
Jus apel mengandung 88% air dan rasanya enak. Ini membuatnya mudah dikonsumsi terutama bagi mereka yang sakit dan berisiko tinggi mengalami dehidrasi.

Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak yang mengalami dehidrasi ringan dengan diare dan muntah, mereka yang ditawari jus apel encer memiliki kemungkinan 6,5% lebih kecil untuk membutuhkan cairan yang dikirim melalui pembuluh darah mereka daripada mereka yang diberi minuman elektrolit obat.

Pastikan minum jus apel encer hanya untuk rehidrasi, karena kandungan gula yang tinggi dari jus dapat menarik kelebihan air ke dalam usus dan memperburuk diare, terutama selama pemulihan dari penyakit.

2) Mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat
Apel kaya akan senyawa tanaman, terutama polifenol. Sementara sebagian besar senyawa ini ada di kulitnya, beberapa dari daging apel. Senyawa tanaman ini dapat melindungi sel-sel dari peradangan dan kerusakan oksidatif.

Dalam sebuah penelitian, pria sehat meminum 2/3 cangkir (160 ml) jus apel, kemudian para ilmuwan mengambil darah mereka. Kerusakan oksidatif dalam darah mereka berhasil ditekan dalam waktu 30 menit setelah minum jus, dan efek ini berlanjut hingga 90 menit.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Buah Apel, Makan Satu Buah Perhari Akan Menjauhkanmu Dari Dokter

3) Mendukung kesehatan jantung
Senyawa tanaman termasuk polifenol dalam jus apel mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Polifenol dapat mencegah kolesterol LDL (jahat) agar tidak teroksidasi dan menumpuk di arteri kamu.

Tingkat LDL teroksidasi yang lebih tinggi terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Satu studi mengamati bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 1 1/2 cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, kolesterol LDL (jahat) mereka 20% lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan dengan awal penelitian.

4) Melindungi otak seiring bertambahnya usia
Studi awal menunjukkan bahwa jus apel dapat mendukung fungsi otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia.

Beberapa perlindungan ini mungkin karena aktivitas antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jus. Polifenol bisa melindungi otak dari kerusakan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan