Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Tips untuk Tetap Produktif di Hari Jumat (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Apakah Jumat kemarin berlalu dengan kurang produktif? Ya, biasanya ketika kamu bangun di hari Jumat, perasaanmu akan campur aduk antara senang dan bingung.

Apakah sudah bisa merayakan weekend atau belum, karena kamu masih harus bekerja sebelum akhirnya memasuki pesta akhir pekan seutuhnya.

Jangan sampai profesionalitas kerjamu menurun karena sudah terlalu senang memasuki hari jumat. Kamu masih tetap harus produktif.

Cobalah salah satu dari sepuluh cara ini untuk menjadikan hari Jumat kamu tetap produktif.

Bagian pertama dari artikel:

1) Ketahui tujuanmu
Kamu wajib untuk mengetahui tujuanmu sebelum memulai hari. Kamu mungkin memiliki lebih dari satu tujuan untuk akhir pekan minggu ini, jangan sampai itu mengganggu produktivitasmu di kantor.

Buat to do list dengan memprioritaskan tugas pekerjaan dan proyek di atas rencana ‘friday night party’ kamu ya.

2) Lakukan hal yang paling sulit terlebih dahulu
Ini adalah ide bagus karena beberapa alasan. Pertama, masuk akal bahwa di hari Jumat kamu pasti ingin tugas yang paling sulit dan berat selesai terlebih dahulu.

Dengan begitu, semua pekerjaan berat tidak akan membayangi kepala kamu pada Jumat sore dan kamu akan merasa sangat bersyukur.

Alasan kedua, pagi hari adalah saat kamu paling segar dan memiliki energi paling banyak, jadi menyelesaikan tugas yang paling sulit terlebih dahulu lebih mudah.

3) Berhati-hatilah dalam menyelesaikan pekerjaan
Meskipun hari Jumat seringkali membuat pikiranmu terganggu dengan merasa tidak sabar untuk segera pulang, namun kamu harus tetap fokus dan hati-hati jangan sampai ada missed dalam pekerjaan kamu.

Satu hal terlewatkan saja bisa-bisa membuatmu jadi pulang terlambat untuk menikmati makan malam menyambut weekend.

Jika kamu berhati-hati dengan kesadaran dan fokus penuh saat menyelesaikan pekerjaan, maka kamu akan lebih produktif dan semua tugas bisa terselesaikan.

Baca juga: 10 Alasan Orang Produktif Meluangkan Waktunya dengan ‘Doing Nothing'(Bagian 2)

4) Persiapkan pikiran dan tubuh
Mempersiapkan pikiran dan tubuh dalam kondisi terbaik sangat berhubungan dengan produktivitas di tempat kerja.

Cobalah untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kemudian luangkan waktu untuk berolahraga sebelum berangkat untuk bekerja.

Istirahat dan olahraga yang cukup sebelum memulai hari membuatmu lebih mampu berkonsentrasi dan mempelajari hal-hal baru di tempat kerja.

5) Offline sementara
Terkadang, saat bekerja di hari Jumat pikiranmu terisi penuh dengan ide dan rencana untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Ini tentu bisa mengganggu produktivitas terlebih jika kamu ingin segera membagikan ide kamu kepada teman-teman di luar kantor dan mengajak mereka berdiskusi.

Untuk menghinndari ini, ada baiknya untuk sementara kamu menjauh dari smartphone lalu matikan media sosial di komputer dan mulai bekerja dengan menulis.

Selain menghilangkan gangguan, hal ini juga akan memaksa kamu untuk fokus hanya pada pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada topik yang ada.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan