Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Macam-Macam Manfaat Tidak Makan Daging (Bagian 2)

Daging sapi. Sumber foto: asia.nikkei.com

Topcareer.id – Kamu mungkin pernah mendengar bahwa membatasi jumlah daging yang kamu makan memiliki berbagai manfaat, termasuk penurunan berat badan dan kesehatan usus yang lebih baik. Mengurangi daging memang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan dan pengurangan risiko penyakit tertentu.

Namun, manfaat ini tampaknya bergantung pada makanan lain yang kamu makan dan jenis daging apa yang kamu batasi. Melansir Healthline, berikut manfaat-manfaat potensial dari mengurangi atau menghindari konsumi daging.

4. Dapat membantu melindungi dari kanker tertentu

Makan banyak daging merah dan olahan, seperti bacon, hot dog, dan daging asap atau daging lainnya, telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal. Unggas dan ikan belum dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal.

Asupan daging merah dan olahan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker lain, termasuk kanker payudara.

Bagaimana makanan ini mempengaruhi perkembangan kanker belum jelas. Namun, beberapa peneliti telah menyarankan bahwa lemak jenuh dan senyawa karsinogenik yang dihasilkan selama pemrosesan daging dan memasak suhu tinggi berperan.

5. Mungkin lebih baik untuk lingkungan

Produksi daging biasanya membutuhkan lebih banyak sumber daya, menghasilkan lebih banyak emisi gas rumah kaca, dan berkontribusi terhadap deforestasi dan polusi ke tingkat yang lebih besar daripada memproduksi buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati olahan minimal lainnya.

Secara bertahap mengurangi daging dan mengadopsi lebih banyak gaya makan fleksibel yang mencakup beberapa daging mungkin masih membuat perbedaan.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Diet Yang Benar

Tinjauan sistematis studi tentang keberlanjutan diet yang berbeda menyimpulkan bahwa diet, termasuk vegetarian, pescatarian, dan vegan, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 80%, dibandingkan dengan diet standar yang berpusat pada daging.

6. Lebih sedikit daging juga bermanfaat

Kamu tidak perlu sepenuhnya menghilangkan konsumsi daging untuk menuai banyak manfaat yang terkait dengan pengurangan asupan daging.

Diet flexitarian melibatkan pengurangan asupan produk hewani tetapi tidak menghilangkannya. Penelitian telah menemukan bahwa mereka terkait dengan manfaat kesehatan yang serupa dengan yang terkait dengan pola makan vegan atau vegetarian.

Selain itu, unggas dan ikan biasanya tidak terkait dengan efek kesehatan negatif yang terkait dengan daging merah dan olahan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan