Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Ingin dapat Izin WFH Permanen? Cek Tips Ini

Topcareer.Id – Pandemi yang perlahan mulai terkendali memungkinkan para pekerja yang sedang WFH (Work From Home) untuk kembali bekerja dari kantor.

Namun setelah terbiasa dengan aktivitas bekerja dari rumah, tentu sedikit sulit rasanya untuk kembali beraktivitas di kantor seperti biasa.

Nah, terkait hal ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa tetap mempertahankan pola kerja jarak jauh.

Seperti dikutip dari laman Today.com, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Riset
Coba pertimbangkan beberapa hal terkait kebijakan WFH di perusahaan tempat kamu bekerja. Yang pertama, apakah kerja jarak jauh merupakan bagian dari kebijakan perusahaan sebelum pandemi?

Tanyakan juga, seberapa fleksibel pekerjaan kamu, semaksimal apa produktivitas kamu selama WFH, dan bagaimana selama ini interaksi kamu dengan rekan kerja, hingga atasan selama bekerja dari rumah.

Pastikan untuk menyertakan sisi baik dan buruknya. Terkait hal ini, Pakar karir SoFi Ashley Stahl menyarankan untuk menanyakannya pada diri sendiri dan orang lain.

Fokus pada manfaat dari WFH
“Karyawan harus mendiskusikan bagaimana bekerja dari jarak jauh akan berdampak positif pada kinerja mereka. Mereka harus menyoroti setiap peningkatan produktivitas, efisiensi, dan area kerja utama lainnya yang mereka alami sebagai akibat dari bekerja dari jarak jauh. Pastikan ini menguntungkan perusahaan serta karyawan individu,” kata Massimiliano Tirocchi, salah satu pendiri dan CMO Trafilea, grup e-commerce yang sepenuhnya terpencil.

Baca juga: Jago Ngedit? Nih Ada Lowongan buat Kamu

Mulailah percakapan lebih awal
“Jadwalkan pertemuan dengan manajer dan siapkan riset. Tidaklah ideal untuk menunggu percakapan ini sampai (orang-orang mulai kembali ke kantor), ketika banyak orang juga akan melakukannya,” kata Stahl.

“Ini adalah kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan persetujuan sebelum kebijakan yang lebih kaku diberlakukan.”

Sebutkan bagaimana WFH memberikan manfaat bagi lingkungan
Jika kamu merasa bahwa kebijakan kerja dari jarak jauh telah berperan dalam penurunan emisi dan konsumsi energi, sampaikan kepada atasan kamu.

“Konsumsi peralatan kantor (biasanya) dua kali lipat dari peralatan kantor rumah. Perhatikan manfaat ini,” kata Stahl.

Tunjukkan pencapaian kamu
“Buat daftar semua pencapaian dan contoh bagaimana pekerjaan kamu semakin lebih baik untuk perusahaan, termasuk saat kamu jauh,” saran Stahl.

Nah, itu tadi beberapa saran yang bisa kamu coba. Semoga sukses ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan