Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19Tren

Waduh, Covid-19 Bisa Memicu Lonjakan Kasus Demensia

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa mencegah demensia.

Topcareer.id – Menurut sebuah kelompok yang mewakili lebih dari 100 asosiasi Alzheimer dan demensia secara global, dunia mungkin tidak siap untuk gelombang demensia yang akan datang dan kasus-kasus tambahan yang dapat dibawa oleh Covid-19.

Alzheimer’s Disease International mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah di seluruh dunia untuk segera mempercepat penelitian tentang dampak potensial Covid-19 pada peningkatan tingkat demensia.

Dikatakan, pandemi dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah pasien demensia dalam jangka panjang karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa infeksi Covid dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena demensia dan menyebabkan gejala demensia muncul lebih awal.

Demensia umumnya mengacu pada kerusakan di otak yang merusak memori, pikiran, perilaku dan emosi. Penyakit Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia, dan saat ini tidak ada obat untuk demensia.

“Dalam jangka pendek, tingkat demensia dapat turun sementara sebagai akibat dari tingginya jumlah kematian penderita demensia akibat Covid-19, dengan antara 25 hingga 45 persen dari semua kematian akibat Covid-19 diperkirakan terjadi pada mereka yang menderita demensia,” kata kelompok yang berbasis di London itu dalam rilis media pada Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Vaksin Pfizer Untuk Usia 5-11 Tahun Tersedia Di AS Pada Musim Dingin

Tetapi dalam jangka panjang, jumlah orang dengan demensia dapat meningkat secara signifikan karena dampak neurologis COVID-19.

Covid dan demensia

Lebih banyak yang harus dilakukan untuk memahami hubungan antara demensia dan Covid, kata Alzheimer’s Disease International (ADI).

“Banyak ahli demensia di seluruh dunia sangat prihatin dengan hubungan antara demensia dan gejala neurologis Covid-19,” kata Paola Barbarino, kepala eksekutif ADI.

Panel Penasihat Medis dan Ilmiah kelompok tersebut, yang terdiri dari para ahli global tentang demensia, telah membentuk kelompok kerja untuk mempelajari tautan itu dan membuat rekomendasi tentang cara menangani masalah tersebut.

Dr. Alireza Atri, seorang ahli saraf kognitif dan ketua panel penasehat, mengatakan dia “sangat prihatin” tentang efek yang disebut Covid panjang. Itu termasuk gejala seperti kehilangan rasa dan penciuman, “brain fog” atau kehilangan kejernihan mental, serta kesulitan dengan konsentrasi, ingatan dan pemikiran.

Atri yang merupakan direktur Banner Sun Health Research Institute di AS menjelaskan, Covid dapat merusak dan menggumpal pembuluh mikro di otak, merusak kekebalan tubuh, dan menyebabkan peradangan.

“Itu dapat memberikan akses yang lebih mudah ke hal-hal yang dapat membahayakan otakmu dan menyebabkan gejala gangguan neurologis – seperti demensia – muncul lebih awal,” kata dokter.

Leave a Reply