Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Mengelola Kolesterol dalam Tubuh

Topcareer.id – Kamu mungkin menyadari bahwa kadar kolesterol “jahat” yang tinggi memiliki efek kesehatan yang negatif, seperti meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kadar kolesterol tinggi juga dapat dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan penyebaran kanker payudara, serta hasil yang lebih buruk untuk banyak kanker lainnya.

Studi baru, yang dipimpin oleh penulis senior Donald P. McDonnell, PhD, menemukan bahwa kadar kolesterol terkait dengan sel kanker menjadi lebih tangguh.

Secara khusus, para peneliti melihat bagaimana beberapa sel kanker mampu mengatasi stres dalam tubuh yang biasanya akan mengakibatkan kematian sel.

Tips mengelola kolesterol

Selain obat penurun kolesterol, kamu mungkin dapat memperbaiki profil lipidmu dengan beberapa perubahan gaya hidup berikut:

Makanlah makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh

Makanan itu seperti makanan yang mengandung sedikit daging merah, daging berlemak, dan produk susu utuh. Cobalah untuk makan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan, serat, dan buah-buahan dan sayuran segar. Diet jantung sehat juga rendah gula dan garam. Jika kamu memerlukan bantuan untuk mengembangkan jenis diet ini, dokter dapat membuat rujukan ke ahli gizi.

Baca juga: Duduk 8 Jam Sehari, Ini Risiko Penyakit Yang Menanti

Berolahragalah beberapa hari atau setiap hari dalam seminggu

The American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang, seperti jalan cepat, setiap minggu. Lebih banyak aktivitas fisik dikaitkan dengan tingkat LDL yang lebih rendah dan tingkat HDL yang lebih tinggi.

Ikuti rekomendasi doktermu untuk kerja darah secara teratur dan perhatikan kadar lipid

Hasil lab dapat berubah secara signifikan dari satu tahun ke tahun lainnya. Mengadopsi diet jantung sehat dengan aktivitas fisik secara teratur, membatasi alkohol, tidak merokok, dan minum obat sesuai resep dapat membantu meningkatkan kolesterol dan trigliserida serta menurunkan risiko penyakit jantung.**(Feb)

Tinggalkan Balasan